8 Tips Ampuh Lepas dari Utang Pinjol Tanpa Bayar Terbaru 2024

8 Tips Ampuh Lepas dari Utang Pinjol Tanpa Bayar Terbaru 2024

tips lepas dari utang pinjol tanpa bayar --foto jalan tikus

4. Hubungi Perusahaan Pinjaman Online

Jika membayar cicilan pinjaman online menjadi terasa berat, sebaiknya berkomunikasi dengan perusahaan pinjaman online tersebut.

Tak sedikit perusahaan pinjaman online yang bersedia bekerja sama untuk menemukan solusi yang sesuai dengan situasi keuangan kalian. Di antaranya, restrukturisasi pinjaman, penundaan pembayaran, atau pembayaran secara bertahap.

5. Konsolidasi Utang

Jika memiliki beberapa utang pinjaman online yang sulit kalian kelola, pertimbangkan opsi konsolidasi utang. Caranya, gabungkan beberapa utang menjadi satu dengan suku bunga lebih rendah yang bisa membantu mengurangi beban pembayaran.

BACA JUGA:Nasabah Galbay Tak Perlu Stres Lagi, Ini 5 Tips Melunasi Beban Hutang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser Pun

6. Buat Rencana Pembayaran

Tips lepas dari utang pinjol tanpa bayar berikutnya yaitu mencoba membuat rencana pembayaran pinjaman online yang realistis berdasarkan kemampuan keuangan kalian sesuai dengan tingkat suku bunga.

Identifikasi juga sumber pendapatan tambahan. Alokasikan sebagian pendapatan untuk melunasi utang pinjaman online secara teratur.

7. Tidak Perlu Khawatir dengan Black List SLIK OJK

Biasanya, debt collector (DC) dari pinjaman online yang resmi bakal mengikuti aturan dalam penagihan. Namun, untuk pinjaman online yang tidak resmi biasanya asal-asalan.

Jadi, kalian tidak perlu khawatir ketika tidak membayar utang pinjol ilegal akan merusak nama kalian di SLIK OJK. Namun, tetap disarankan untuk tidak secara sengaja menghindar dari kewajiban membayar utang.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar dengan Cepat Terbaru 2024, Lakukan 8 Langkah Cerdas Ini

8. Buang Nomor Handphone dan Ganti yang Baru

Tips lepas dari utang pinjol tanpa bayar yang terakhir yaitu, sebaiknya ganti nomor kalian dengan nomor handphone yang baru. Dengan cara ini, otomatis teror tersebut akan hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: