Teliti Sebelum Membeli! Cara Aman Memilih iPhone Seken di Tahun 2024

Teliti Sebelum Membeli! Cara Aman Memilih iPhone Seken di Tahun 2024

Teliti Sebelum Membeli! Cara Aman Memilih iPhone Second di Tahun 2024--

IMEI (International Mobile Equipment Identity) sangat penting, terutama untuk iPhone internasional (inter) yang tidak resmi masuk ke Indonesia. Untuk mengecek IMEI, masukkan *#06# pada aplikasi telepon, kemudian catat nomor IMEI yang muncul. 

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele, Ini 7 Kesalahan Umum Pengguna iPhone yang Sering Diulang-ulang

Cek IMEI tersebut di situs web resmi untuk memastikan apakah IMEI tersebut terdaftar atau tidak. Jika tidak terdaftar, ada kemungkinan besar iPhone tersebut bisa terblokir di kemudian hari. Sebaiknya minta garansi IMEI dari penjual, minimal satu tahun atau seumur hidup.

4. Memeriksa Speaker

iPhone memiliki speaker stereo, dengan satu di bagian bawah dan satu di bagian atas. Untuk memastikan keduanya berfungsi, buka aplikasi YouTube dan cari video "stereo speaker test". Putar video tersebut dan pastikan suara keluar dari kedua speaker.

5. Memeriksa Kamera

Ketika memilih iPhone seken juga harua coba semua kamera yang ada di iPhone, baik kamera utama, kamera ultra wide, maupun kamera depan. Pastikan untuk mengganti-ganti mode kamera dan perhatikan apakah ada penundaan atau loading yang lama. 

Jika ada, kemungkinan kameranya pernah diganti atau tidak dalam kondisi bagus. Selain itu, pastikan flash kamera berfungsi dengan baik.

6. Memeriksa iCloud

Pastikan iPhone yang akan Anda beli tidak terhubung dengan akun iCloud sebelumnya. Masuk ke menu pengaturan dan pastikan iCloud kosong. Jika masih ada akun iCloud, minta penjual untuk logout terlebih dahulu. Jika tidak, iPhone bisa terkunci dan tidak dapat diakses.

BACA JUGA:Hanya Turun 3 Persen Selama Dua Tahun, Begini Cara Membuat Battery Health iPhone Awet

7. Memeriksa Kesehatan Baterai

Kesehatan baterai (battery health) sangat penting untuk mengetahui kondisi baterai iPhone. Masuk ke menu pengaturan, pilih baterai, kemudian pilih kesehatan baterai. Pastikan battery health di atas 80%. Jika di bawah 80%, baterai kemungkinan sudah mulai boros dan sebaiknya hindari iPhone tersebut.

Selain itu, coba rekam video dalam kualitas 4K dengan flash menyala selama beberapa menit dan perhatikan apakah persentase baterai turun drastis. Jika ya, kemungkinan baterai sudah bocor atau drop.

8. Memeriksa Sensor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: