Teliti Sebelum Membeli! Cara Aman Memilih iPhone Seken di Tahun 2024

Teliti Sebelum Membeli! Cara Aman Memilih iPhone Seken di Tahun 2024

Teliti Sebelum Membeli! Cara Aman Memilih iPhone Second di Tahun 2024--

DISWAY JATENG - Memilih iPhone seken atau bekas di tahun 2024 bisa menjadi pilihan menarik untuk mendapatkan iPhone dengan harga lebih murah dibandingkan membeli yang baru namun harus ekstra teliti dan hati-hati. 

Hal ini dikarenakan banyak beredarnya iPhone seken dengan kondisi refurbished atau rekondisi yang bisa menipu pembeli yang kurang waspada. Sehingga anda perlu tahu cara aman memilih iPhone seken agar tidak menyesal.

Secara fisik, ketika memilih iPhone seken tersebut mungkin tampak masih mulus, namun bagian dalamnya bisa saja sudah pernah dibongkar dan diganti beberapa komponennya, seperti kamera, baterai, atau layar. 

Berikut ini beberapa cara aman memilih iPhone seken agar Anda tidak tertipu oleh penjual nakal.

BACA JUGA:9 Tips Membeli iPhone Bekas Agar Kamu Untung dan Tidak jadi Buntung

Tips Mengecek iPhone Seken

1. Memeriksa Kondisi Fisik

Langkah pertama adalah memeriksa kondisi fisik iPhone secara menyeluruh. Pastikan semua bagian mulai dari backdoor hingga sisi-sisi samping masih mulus tanpa retakan atau goresan. 

Perhatikan juga apakah sisi-sisi sampingnya masih rapat. Jika terlihat tidak rapat atau menggembung, bisa jadi baterainya sudah mulai mengembang, yang menandakan masalah potensial. 

Selain itu, cek semua tombol pada iPhone seperti tombol power, volume down, volume up, dan tombol mute untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

2. Memeriksa Layar (LCD)

Pengecekan layar atau LCD iPhone seken sangat penting. Pastikan layar masih original dengan mengecek fitur True Tone. Caranya, masuk ke pengaturan brightness, kemudian tap dan tahan slider brightness. 

Jika fitur True Tone muncul dan bisa diaktifkan serta dinonaktifkan, maka layar tersebut kemungkinan besar masih original. Selanjutnya, gunakan fitur Assistive Touch untuk mengecek apakah ada bagian layar yang mati. Geser-geser Assistive Touch di seluruh layar dan pastikan tidak ada bagian yang tidak merespons.

3. Memeriksa IMEI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: