Kemensos Turun Tangan Atasi Penanganan Prita, Anak Penderita Tumor Nasofaring di Kabupaten Pemalang

Kemensos Turun Tangan Atasi Penanganan Prita, Anak Penderita Tumor Nasofaring di Kabupaten Pemalang

EVAKUASI - Prita Dwi Fransiska, 14, penderita tumor dilarikan ke RSUD dr M Ashari untuk penanganan medis.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Kementerian Sosial RI (Kemensos RI) melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung merespon cepat kasus anak penderita tumor nasofaring di Kabupaten Pemalang.

Tim respon kasus yang terdiri dari pekerja sosial dan perawat melakukan asesmen dan Fokus Group Discussion (FGD) bersama Dinas Sosial KB PP, Puskesmas Kebondalem dan perangkat desa.

Sebelumnya, Prita Dwi Fransiska, warga RT 07 RW 03 Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Dilaporkan setiap harinya hanya bisa berbaring dan merintih kesakitan di tempat tidurnya. Akibat penyakit Tumor  yang dideritanya, gadis pelajar kelas 2 SMP Negeri 6 Pemalang itu terpaksa tidak bisa sekolah.

BACA JUGA:PKBM Sakila Kerti Jalin Sinergitas dengan Lapas Tegal

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung Margowiyono mengatakan, pihaknya segera melakukan asesmen untuk mengetahui kondisi Prita. kebutuhan penanganan, dan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) yang dibutuhkan.

"Dari hasil asesmen kami, kondisi Prita lemah, sudah satu minggu tidak makan karena kesulitan menelan. Selain itu, kebutuhan minum kurang dan  sesak nafas. Sehingga bersama tim dari plPuskesmas Kebondalem kami membawa Prita ke RSUD dr M Ashari Pemalang untuk mendapatkan penanganan,"katanya.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tegal Olahraga Bersama dan Coffee Morning di Mako Lanal

Menurutnya, Prita sudah mendapat  rujukan pemeriksaan ke RSUP Kariadi Semarang, yaitu pada  Senin nanti 27 Mei. Untuk itu , Tim akan  memberikan pendampingan pemeriksaan di RSUP Kariadi. Bahkan  tidak hanya itu, Tim juga akan memberikan bantuan akomodasi selama perawatan di Semarang. 

"Adapun bantuan lain dari Kemensos RI akan  disiapkan untuk keluarga Prita berupa bantuan  Atensi kewirausahaan,"ujarnya.

Sesuai laporan dijelaskan, sejak Prita sakit, kedua orang tuanya tidak bekerja. Sehingga akan diberikan bantuan pemenuhan hidup layak. Seperti bantuan sembako, nutrisi, perlengkapan tidur dan juga bantuan kewirausahaan untuk menunjang perekonomiannya.

BACA JUGA:327 Siswa MAN Kota Tegal Resmi Diwisuda

"Ketika anak sakit, orang tua tidak bisa bekerja.  Tentunya ada keberfungsian sosial dan masalah ekonomi yang juga terjadi dalam keluarga,"terangnya.

Selanjutnya Kemensos RI berkomitmen akan memantau kondisi Prita bersama OPD terkait. Untuk kelancaran penanganan Prita Kemensos akan berkolaborasi memberikan bantuan, baik perawatan, sampai kebutuhan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: