4 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Pinjol, Cicilan Aman dan Terhindar dari Utang

4 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Pinjol, Cicilan Aman dan Terhindar dari Utang

Tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol--

Jika posisi Anda saat ini sudah mengajukan pinjaman dan mengalami kesulitan melunasi utang, maka sebaiknya hindari gali lubang tutup lubang. Tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol paling penting yakni stop gali lubang tutup lubang.

BACA JUGA: Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Bunga atau Denda, Cuma Bayar Tagihan Pokok Langsung Lunas

Apabila masih dalam proses pelunasan utang, maka pastikan Anda membayar utang jika sudah mendapatkan penghasilan. Pastikan juga Anda tidak mengajukan pinjaman lagi untuk melunasi utang sebelumnya supaya terhindar dari berbagai kerugian.

Gali lubang tutup lubang bukanlah solusi untuk menyelesaikan pinjaman, namun menyebabkan masalah utang baru. Dengan mengatur keuangan yang baik maka, terjerat pinjaman online tidak lagi terjadi.

4. Ajukan Pinjaman untuk Kebutuhan Produktif bukan Konsumtif

Jika ingin mengajukan pinjaman, pastikan Anda memahami kondisi keuangan saat ini. Hal ini bertujuan untuk mengambil langkah lebih bijak dalam mengajukan pinjaman online.

BACA JUGA: Ketahui 6 Alasan Bunga Pinjol Lebih Tinggi Dibanding Pinjaman Lainnya, Berikut Penjelasannya

Saran yang lebih bijak sebaiknya ajukan pinjaman sesuai batas kemampuan finansial Anda. Rumusnya yaitu dengan mengajukan pinjaman maksimal sekitar 30% dari pendapatan Anda saat ini.

Apabila sudah memenuhi rumus keuangan tersebut, sebaiknya ajukan pinjaman untuk keperluan produktif seperti modal usaha atau keperluan mengembangkan usaha. Pinjaman yang diajukan sebaiknya jangan digunakan untuk hal yang bersifat konsumtif seperti liburan, belanja, dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol supaya aman dari berbagai risiko merugikan. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: