5 Cara Menghadapi Debt Collector yang Datang ke Rumah

5 Cara Menghadapi Debt Collector yang Datang ke Rumah

Jangan Khawatir! Begini 5 Cara Menghadapi Debt Collector yang Datang ke Rumah-pinterest-

DISWAY JATENG - Bagaimana cara menghadapi debt collector yang datang ke rumah? Debt collector atau yang biasa disingkat dengan DC adalah seseorang yang ditugaskan oleh Lembaga keuangan atau bank, untuk menagih utang yang belum dibayarkan debitur (peminjam) kepada kreditur (pemberi pinjaman).

Singkatnya, debt collector biasa bertugas mendatangi rumah nasabah yang galbay (gagal bayar) pinjaman atau hutang. Cara menghadapi debt collector yang datang ke rumah bisa menjadi situasi yang menegangkan serta menakutkan. 

Namun dengan persiapan yang tepat, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan tenang. Tak perlu khawatir, karena terdapat cara menghadapi debt collector yang datang ke rumah. 

BACA JUGA:5 Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol Saat Kamu Mengalami Galbay, Cobalah Lakukan

Agar kamu tidak diteror dan diberlakukan kasar oleh DC lapangan, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebagai solusi cara menghadapi debt collector yang datang ke rumah.

1. Tetap Tenang dan Hadapi dengan Sopan

Hal yang pertama jika debt collector datang ke rumah adalah hadapi dengan tenang dan sopan. Anggap saja kamu sedang menyambut tamu yang berkunjung ke rumah. Tetap sambut dengan sopan jangan terpancing emosi atau merasa terintimidasi. 

Ingatlah bahwa debt collector hanya menjalankan tugasnya, dan kamu punya hak untuk diperlakukan dengan hormat. Kabur dari DC lapangan bukanlah pilihan yang tepat karena mereka bisa meneror kamu lewat telepon. Sebisa mungkin tetap sapa mereka dengan sopan dan santun.

2. Verifikasi Identitas dan Surat Tugas

Setelah menyambut dengan baik, cara menghadapi debt collector yang kedua adalah memverifikasi identitas DC tersebut. Minta agar mereka menunjukkan kartu identitas dan surat tugas. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka ditugaskan secara resmi, dari Perusahaan pemberi pinjaman untuk menagih utang.

Kamu berhak mengetahui secara pasti siapa yang kamu hadapi. Jika mereka tidak mau menunjukkan surat tugas, sudah dipastikan itu adalah oknum yang hanya memanfaatkan kondisi kamu. Nah surat tugas ini biasanya terdapat keterangan waktu penagihan.

Jika mereka datang pada waktu yang tidak sesuai dengan surat penagihan, kamu dapat menolak kedatangan mereka.

BACA JUGA:Jangan Kabur, Begini 6 Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol Jika Belum Ada Uang

3. Jangan Melakukan Pembayaran Tanpa Bukti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: