Serukan Gerakan Smart City di Kabupaten Tegal

Serukan Gerakan Smart City di Kabupaten Tegal

SMART CITY- Forum smart city digelar di Gedung Dadali Pemkab Tegal.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tegal menggelar Forum Smart City, di Gedung Dadali Pemkab Tegal. Forum ini mengusung tema 'Integrasi Layanan untuk Mendukung Gerakan Smart City'.

Hadir dalam acara tersebut, unsur Dewan Smart City yang terdiri dari BPS Kabupaten Tegal, Pimpinan Bank Jateng, Perwakilan dari Universitas Bhamada Slawi, OPD dan perwakilan dari pemerintah desa.

Pj Bupati Tegal Agustyarsyah menuturkan bahwa Kabupaten Tegal yang mengusung visi terwujudnya masyarakat yang sejahtera, mandiri. Unggul, berbudaya dan berakhlak mulia sangat berkomitmen terhadap perkembangan teknologi.

BACA JUGA:Berantas Nyamuk, Pemerintah Desa Belik Kabupaten Pemalang Lakukan Fogging

“Memasuki era revolusi industri 4.0 ini pemanfaatan teknologi perlu diterapkan secara inklusif. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tegal,” kata Agustyarsyah.

Smart city ini merupakan salah satu penerapan teknologi dalam tata kehidupan masyarakat. Yakni konsep paradigma perkotaan menjadi sebuah realitas yang tak terelakkan dalam pembangunan masa depan.

Konsep ini merupakan sebuah teknologi dan inovasi yang dapat menjadi katalisator bagi perubahan positif l. Dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat, ekonomi serta lingkungan sesuai dengan misi Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Momentum Pilkada Jadi Ajang Warga Kabupaten Pemalang untuk Berkontestasi

Agustyarsyah mengungkapkan, master plan smart city 2024-2033 telah tersusun. Berisi gambaran jelas visi dan arah untuk mewujudkan Kabupaten Tegal sebagi pusat inovasi dan pelayanan terdepan.

“Master plan ini bukan sekedar rencana melainkan sebuah komitmen bersama untuk merancang masa depan yang lebih cerdas, inklusif berkelanjutan dan tentunya memberikan manfaat nyata bagi seluruh masyarakat,” jelasnya.

Agustyarsyah berharap forum ini dapat dijadikan wadah untuk berkolaborasi dan berbagi strategi yang akan dijalankan di Kabupaten Tegal. Salah satunya dengan mengadopsi program smart city yang sudah dilakukan di Kabupaten Sukoharjo.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tegal Ajak Warga Perkuat Kerukunan Antarumat Beragama

Sementara itu, Plt Kabid SPBE Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Alan Samsudin menjelaskan, tujuan forum ini untuk meningkatkan pengetahuan stakeholder terkait tentang pentingnya integrasi layanan.

“Pada era digitalisasi saat ini pemerintahan dituntut untuk adaptif, instansi pemerintahan sudah semestinya berkinerja dengan prinsip efektif, efisien dan akuntabel. Yang dapat diwujudkan dengan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi sebagai salah satu pendukungnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: