Begini Cara Mengajukan Pinjaman di BRI Syariah untuk UMKM, Kenali Berikut Jenis Layanan yang Ditawarkan

Begini Cara Mengajukan Pinjaman di BRI Syariah untuk UMKM, Kenali Berikut Jenis Layanan yang Ditawarkan

Cara mengajukan pinjaman di BRI syariah untuk modal usaha-Kledo-

DISWAYJATENG - Sekarang ini banyak bank berbasis syariah menjadi opsi banyak orang karena dapat membantu menghindari riba, salah satunya adalah BRI Syariah. Lalu, bagaiman cara mengajukan pinjaman di BRI Syariah?

Layanan BRI Syariah Bukan hanya untuk menabung atau investasi, mengajukan pinjaman sekarang ini juga bisa melalui bank berbasis syariah ini. Sebelum mengetahui cara mengajukan pinjaman di BRI Syariah, kamu harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis pinjamannya.

BRI Syariah memilik 4 jenis pinjaman, dan ke semuanya memiliki beberapa keuntungan. Cara mengajukan pinjaman di BRI Syariah ini sangat penting, sebab, jika kamu ingin mengembangkan UMKM, pinjaman berbasis Syariah ini jadi pilihan tepat.

Sebelum mengetahui cara mengajukan pinjaman di BRI Syariah, di bawah ini ada penjelasan lengkap jenis, dan keuntungan dari BRI Syariah. Simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA:Pinjol Syariah Tanpa Riba di Aplikasi ALAMI, Berikut Cara Pengajuannya

1. Mikro 25 iB

Mikro 25 iB adalah produk pembiayaan tanpa agunan yang ditawarkan oleh BRI Syariah. Dengan pinjaman ini, kalian bisa mendapatkan plafon pinjaman mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 25 juta dengan jangka waktu angsuran atau tenor antara 6 hingga 36 bulan.

Pinjaman ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki usaha kecil dan ingin menambah modal usaha tanpa harus menyediakan agunan.

2. Mikro 75 iB

Berbeda dengan Mikro 25 iB, pinjaman Mikro 75 iB dari BRI Syariah mengharuskan kalian untuk menyediakan agunan berupa tanah dan bangunan, tanah kosong, kendaraan, kios, atau deposito.

Dengan agunan tersebut, kalian bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 75 juta dengan pilihan tenor 12, 18, 24, atau 36 bulan. Pinjaman ini cocok bagi kalian yang ingin mendapatkan pinjaman dengan jumlah yang lebih besar.

BACA JUGA:Pinjol Syariah Legal Terbaik 2024, Solusi Aman Pinjaman Dana Tanpa Bunga yang Mencekik

3. Mikro 200 iB

Untuk kalian yang membutuhkan pinjaman dengan jumlah yang lebih besar lagi, BRI Syariah menawarkan pinjaman Mikro 200 iB.

Pinjaman ini juga mengharuskan kalian untuk menyediakan agunan seperti tanah dan bangunan, tanah kosong, kios, kendaraan, atau deposito. Plafon pinjaman yang ditawarkan cukup besar, yaitu mulai dari Rp 75 juta hingga Rp 500 juta dengan tenor antara 6 hingga 60 bulan.

4. KUR (Kredit Usaha Rakyat) BRI Syariah

Selain ketiga jenis pinjaman di atas, BRI Syariah juga menawarkan pinjaman KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Pinjaman ini khusus ditujukan bagi pelaku usaha mikro dan kecil, dengan plafon pinjaman maksimal Rp 25 juta. Yang menarik, untuk mengajukan pinjaman KUR ini, kalian tidak diwajibkan untuk menyediakan agunan. Tenor yang ditawarkan cukup panjang, yaitu antara 6 hingga 60 bulan.

Tentunya, untuk mengajukan pinjaman tersebut, kalian harus memenuhi beberapa persyaratan umum dan persyaratan dokumen yang ditetapkan oleh pihak bank BRI Syariah.

BACA JUGA:7 Aplikasi Pinjol Syariah Tenor Panjang, Cicilan Bisa Sampai 24 Bulan

Persyaratan Umum:

1. Warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal di Indonesia

2. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah minimal 18 tahun, maksimal 65 tahun saat akhir waktu pembiayaan

3. Memiliki catatan kolektibilitas yang baik dan tidak masuk dalam daftar hitam BI

4. Memiliki usaha yang sesuai dengan prinsip syariah

5. Usaha telah berjalan minimal 2 tahun (untuk pinjaman mikro) atau 6 bulan (untuk KUR)

6. Tujuan pinjaman untuk modal usaha atau investasi

7. Memiliki usaha yang tetap

8. Bersedia membayar biaya administrasi sesuai ketentuan

Persyaratan Dokumen:

1. KTP calon nasabah dan pasangan (suami/istri) yang masih berlaku

2. Kartu Keluarga (KK) dan akta nikah/surat nikah

3. Akta cerai atau akta kematian (bagi janda/duda)

4. Surat Izin Usaha atau Surat Keterangan Usaha terbaru

5. NPWP

Cara Mengajukan Pinjaman di BRI Syariah

1. Menghubungi pihak BRI Syariah

2. Menyiapkan persyaratan dan dokumen

3. Mengajukan pinjaman

4. Menunggu konfirmasi pinjaman disetuji

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai cara mengajukan pinjaman di BRI Syariah, mulai dari jenis-jenis pinjaman yang ditawarkan oleh BRI Syariah dan juga persyaratan yang harus dipenuhi. Apakah kalian tertarik untuk mengajukan salah satu jenis pinjaman tersebut?(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: