Begini Cara Menghitung Bunga Shopee Paylater 12 Bulan dan 4 Informasi Penting Saat Jatuh Tempo

Begini Cara Menghitung Bunga Shopee Paylater 12 Bulan dan 4 Informasi Penting Saat Jatuh Tempo

Cara menghitung bunga shopee paylater 12 bulan-gridframe-

DISWAYJATENG - Shopee Paylater merupakan fitur pembayaran saat membeli barang namun pembayaran bisa dilakukan bulan depan, mirip seperti penggunaan kartu kredit. Ulasan kali ini akan membahas cara menghitung bunga Shopee Paylater dan bunga Shopee Paylater 12 bulan.

Jika mengikuti aturan OJK, suku bunga bank merupakan balas jasa yang diberikan bank kepada peminjam saat membeli atau menjual produknya. Bunga Shopee Paylater 12 bulan ternyata cukup rendah dibanding dengan Paylater yang lain.

Selain itu, suku bunga ini juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayarkan peminjam kepada penyedia pinjaman dalam hal ini adalah Shopee Paylater. Lalu berapa bunga Shopee Paylater 12 bulan?

Di bawah ini adalah ulasan dan besaran bunga Shopee Paylater 12 bulan yang ditetapkan pihak Shopee dan cara menghitungnya. Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA:Berikut ini 6 Cara Bayar Paylater Lazada dan Cara Mengaktifkan Lazada Paylater

Biaya Cicilan SPayLater

Ketika kamu melakukan transaksi menggunakan SPayLater, kamu akan dikenakan biaya cicilan yang terdiri dari suku bunga dan biaya-biaya lainnya. Minimal biaya cicilan yang harus kamu bayar adalah 2,95%.

Besaran biaya ini berlaku baik untuk program "Beli Sekarang Bayar Nanti" yang diselesaikan dalam waktu 1 bulan, maupun cicilan yang diselesaikan dalam waktu 3, 6, 12, 18, dan 24 bulan. Periode cicilan yang tersedia sama untuk setiap pengguna.

Penggunaan SPayLater dapat dikenakan biaya penanganan oleh pihak Shopee sebesar 1% dari total Harga Produk dan Ongkos Kirim (jika ada) di setiap transaksi.

Dalam Perjanjian Kredit, jumlah Nilai Pokok Fasilitas Pinjaman sudah mencakup Biaya Penanganan dan Biaya Layanan. Jika kamu terlambat melakukan pembayaran, kamu akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan.

BACA JUGA:Ini dia 5 Aplikasi Pinjol Cair ke Akun Dana dan Ovo, Sangat Praktis dan Cepat Cair

Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran

Setiap pengguna SPayLater memiliki tanggal jatuh tempo pembayaran yang berbeda-beda. Rincian tagihan kamu akan muncul pada tanggal-tanggal berikut:

  1. Tanggal 21: harus dibayar paling lambat tanggal 1.
  2. Tanggal 25: harus dibayar paling lambat tanggal 5.
  3. Tanggal 1: harus dibayar paling lambat tanggal 11.
  4. Tanggal 15: harus dibayar paling lambat tanggal 25.

BACA JUGA:7 Cara Mengaktifkan Dana Paylater dan Syarat Aktivasinya, Limit yang Diberikan Sampai Rp10 Juta

Beberapa informasi penting terkait tanggal jatuh tempo:

  1. Tagihan akan dikirimkan kepada kamu 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Pastikan kamu mempelajari cara membayar tagihan SPayLater.
  2. Rincian tagihan mencakup pesanan yang sudah dalam status "Selesai" (termasuk pengembalian dana) dari tanggal 25 bulan sebelumnya hingga tanggal 24 bulan ini.
  3. Transaksi yang sudah dibuat tidak dapat diubah kembali. Pastikan kamu memilih tipe pembayaran sesuai periode cicilan yang diinginkan sebelum mengonfirmasi pesanan.
  4. Lakukan pembayaran tagihan secara tepat waktu sebelum jatuh tempo untuk menghindari dampak keterlambatan.

Contoh: Transaksi yang dibuat kisaran tanggal 25 Maret - 24 April akan muncul di tagihan pada 25 April dan harus dibayar paling lambat 5 Mei.

Pengembalian Barang/Dana Belanjaan SPayLater

Berikut adalah ketentuan yang berlaku jika kamu ingin mengajukan pengembalian barang/dana untuk produk yang dibeli dengan menggunakan metode pembayaran SPayLater:

  1. Untuk pembelian di satu toko, maka pengembalian dana berlaku untuk semua produk pesanan di toko tersebut.
  2. Untuk transaksi lebih dari satu toko, maka setiap permintaan pengembalian uang suatu produk dapat berlaku untuk seluruh produk lain dari toko yang sama.

Informasi penting lainnya:

  1. SPayLater merupakan produk layanan pinjaman yang disediakan oleh PT Commerce Finance serta pihak lain yang bekerja sama dengan PT Commerce Finance untuk memberikan pinjaman bagi pengguna.
  2. PT Commerce Finance diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, itulah penjelasan lengkap mengenai bunga Shopee Paylater 12 bulan, tanggal jatuh tempo pembayaran, dan pengembalian barang/dana untuk fitur SPayLater di Shopee. Pastikan kamu memahami setiap poin dengan baik agar bisa menggunakan layanan ini dengan bijak dan terhindar dari masalah di kemudian hari(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: