Adakan Festival Sepakbola Piala Bupati Tegal

Adakan Festival Sepakbola Piala Bupati Tegal

BUKA - Kepala Dinas Porapar membuka secara resmi perhelatan festival sepak bola piala Bupati Tegal.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Dalam rangka  Hari Jadi Kabupaten Tegal ke42. Pemkab Tegal melalui Dinas Porapar menggelar festival sepakbola kelompok umur 2011 dan 2013 selama  2 hari, tanggal 4 dan 5 Mei 2024 di stadion Karang Cengis Penusupan Pangkah.

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni membuka perhelatan tersebut yang turut dihadiri kepala Dinas Dikbud dan Kabid Olaraga  Putri Lintang. Perhelatan kali ini  diikuti  KU 11 sebanyak 10 tim dan KU 13  sebanyak 24 tim. 

"Total ada 34 Sekolah Sepak Bola (SSB) yang ambil bagian yang berasal dari Kabupaten Tegal, Cirebon dan Pekalongan," ujarnya.

BACA JUGA:Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

Perhelatan ini sebagai bentuk dari kontribusi mendukung Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional. Digelarnya festival sepakbola usia dini tersebut merupakan bentuk kepedulian yang diharapkan dapat menjadi pondasi awal bagi atlet sepak bola berprestasi. Ini yang menjadikan dipilihnya turnamen untuk anak-anak usia 10 sampai dengan 14 tahun.

Ini untuk pertama kalinya festival sepakbola U10 dan  U13 digelar, alhamdulillah dampaknya positif. Turnamen ini diharapkan sebagai gerbang pembinaan secara berkesinambungan sejak dini. Serta sebagai bentuk implementasi pembuktian diri para pesepakbola usia dini yang selama ini dilatih di SSB. 

"Ini sangat penting, karena kita harus melakukan pembinaan sejak usia dini,” cetusnya.

BACA JUGA:SMP Al Irsyad Kota Tegal Raih 2 Gelar Juara OGN 2024

Melalui turnamen ini, anak-anak dapat diberikan kesempatan untuk dapat mengembangkan diri. Mereka juga mendapat kesempatan bermain dan bertanding lebih banyak. Selain itu, festival untuk mencari bibit-bibit atlet atau para pemain yang potensial dan berkualitas.

Selanjutnya, diharapkan kepada semua peserta untuk menjadi regenerasi pesepakbola Kabupaten Tegal  dan Indonesia secara umumnya. Antusias para peserta juga sangat luar biasa, bisa dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti festival ini adalah berjumlah 34 tim dari kabupaten/kota  tetangga. 

BACA JUGA:Anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Pemalang Dilaporkan ke Polda Jateng

Festival ini diselenggarakan  untuk mempercepat regenerasi sepakbola. 

"Disiapkan hadiah juara I berhak atas trophy dan piagam serta uang pembinaan sebesar Rp2 juta, juara II trophy piagam dan uyang pembinaan sebesar Rp1 juta dan jura III berhak atas trofi,  piagam dan uang pembinaan sebesar Rp750.000. 

"Akan ada pemilihan best player dan top score," tegasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: