Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri Buka Peluncuran dan Bedah Novel Kutil

Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri Buka Peluncuran dan Bedah Novel Kutil

LUNCURKA - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri, Sekretaris Daerah Agus Dwi Sulistyantono, sejarawan, budayawan Tegal, Pemalang, Brebes.--

DISWAYJATENG, TEGAL - Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal Dadang Somantri membuka  peluncuran dan bedah Novel Kutil, Revolusi di Republik Lenggaong karya Yono Daryono dan Ubaidillah di Pendapa Ki Gede Sebayu. Kutil merupakan Novel sejarah dengan latar belakang peristiwa tiga daerah yakni Tegal, Pemalang dan Brebes dengan tokoh utama bernama Kutil atau Sakyani. Novel yang terinspirasi dari buku Peristiwa Tiga Daerah karangan Anton Lucas menghadirkan kisah kisah paska kemerdekan Indonesia 1945 dan peristiwa Orde Baru 1998.

Kegiatan itu menghadirkan narasumber Kurnia Effendi, Muarif Essage, keynote speaker Anton Lucas, moderator Surliali Andi Kustomo dan penampilan monolog Eko Tunas.

Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri dalam sambutannya menyampaikan bahwa minat baca masyarakat harus ditingkatkan, terutama di Kota Tegal.

BACA JUGA:PGRI Kota Tegal Adakan Halal bi Halal

"Minat baca masyarakat harus ditingkatkan, maka saya berharap pemerintah harus berkolaborasi dan mengadakan survei minat baca di masyarakat," ujarnya.

Dadang juga mengutarakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan minat baca dengan cara meresensi buku di sekolah.

BACA JUGA:Marak Kebakaran, Relawan PMI Kabupaten Tegal Dilatih Pemadaman Api

"Dulu waktu saya sekolah ada tugas meresensi buku-buku, ini menjadi cara untuk meningkatkan budaya baca dan literasi. Saya harap siswa-siswa di sekolah dapat meresensi buku untuk meningkatkan budaya baca dan berkarya," ujar Dadang.

Dalam peluncuran novel Kutil hadir pula Sekretaris Daerah, Agus Dwi Sulistyantono, Sejarawan, Budayawan Tegal, Pemalang, Brebes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: