Marak Kebakaran, Relawan PMI Kabupaten Tegal Dilatih Pemadaman Api

Marak Kebakaran, Relawan PMI Kabupaten Tegal Dilatih Pemadaman Api

LATIHAN - Staf dan relawan PMI Kabupaten Tegal mengikuti pelatihan pemadaman api, di halaman PMI setempat.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Kebakaran kerap terjadi di Kabupaten Tegal. Penyebabnya beragam. Mulai dari kelalaian hingga korsleting listrik. Upaya untuk mengantisipasi hal itu, sedikitnya 40 relawan dan staf Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal dilatih ihwal pemadaman api dengan baik. Pelatihan ini dipusatkan di halaman markas PMI setempat.

"Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024," kata Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas Sunarto.

BACA JUGA:Pengelola Makanan di RSUD Suradadi Kabupaten Tegal Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji

Dia menjelaskan, pelatihan ini diprioritaskan pada pemadaman api dan simulasi evakuasi mandiri. Dalam pelatihan itu, pihaknya menghadirkan personel pemadam kebakaran (damkar) sebagai fasilitatornya.

"Instrukturnya dari Bidang Damkar dan Linmas Satpol PP Kabupaten Tegal," ucapnya.

Dia menjelaskan, pelatihan ini tujuannya untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar tentang penggunaan alat pemadam kebakaran.

BACA JUGA:Bhakti Praja Dukuhwaru Kabupaten Tegal Mendapat Program SMK Pusat Keunggulan

Selain itu juga untuk memberikan pengetahuan dasar tentang upaya pencegahan kebakaran kepada individu atau kelompok yang bertanggung jawab dalam menangani kebakaran di tempat kerja. 

"Dengan simulasi evakuasi mandiri ini diharapkan instansi maupun personel dapat mengantisipasi apabila terjadi kebakaran," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: