Dukung Optimalisasi Platform Digital Pengelolaan Koperasi di Kabupaten Tegal

Dukung Optimalisasi Platform Digital Pengelolaan Koperasi di Kabupaten Tegal

DUKUNGAN - Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan memberi dukungan platform digital pengelola koperasi.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Usai menggelar pelatihan digitalisasi bagi koperasi termin pertama. Kegiatan yang sama dilakukan kembali oleh Dinas koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal untuk termin kedua. Dengan melibatkan sedikitnya 40 pelaku atau  pengelola koperasi.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Imam Rudy Kurnianto menyatakan, kegiatan ini sebagai satu bentuk upaya mendukung. Serta mengoptimalkan penerapan platform digital pada pengelolaan koperasi di Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:Hafalan Alquran Siswa SMP Al Irsyad Kota Tegal Diuji Tim Kemenag

Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan bagi anggota koperasi dalam melakukan pengelolaan manajemen kelembagaan. Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM)koperasi, penggunaan teknologi dan sistem informasi.

"Baik dalam manajemen koperasi maupun dalam menjalankan usahanya," ujarnya, Senin (29/4/2024).

Selain itu juga perlu dilakukan pembinaan dan pendampingan serta kemitraan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi adalah melalui modernisasi koperasi. Kegiatan  yang dilaksanakan di Aula kantor DPD PPNI tersebut mendapatkan apresiasi dari pengurus koperasi. 

BACA JUGA:14 Murid SMAK Penabur Cirebon akan Bersaing di Tingkat Provinsi Jabar

Dia  berharap kepada peserta agar kegiatan ini menjadi terobosan untuk membangkitkan semangat dan motivasi bagi seluruh koperasi. Dalam menerapkan teknologi digital dan mampu membuat koperasi bangkit. 

"Untuk semakin menggerakkan kegiatan ekonomi para anggotanya dan masyarakat di sekeliling koperasi berada," cetusnya.

Moderenisasi dan digitalisasi ini dapat berkontribusi nyata dalam mendorong digitalisasi koperasi menuju koperasi modern. Yang mampu beradaptasi dengan adanya perkembangan zaman. Transformasi digital bagi koperasi seharusnya sudah menjadi sebuah keharusan. 

BACA JUGA:Sertifikasi Halal Produk Pangan Paling Lambat 17 Oktober 2024

Seiring era Revolusi lndustri 4.0, kegiatan ekonomi dituntut bergeser dari metode konvensional menjadi lebih modern melalui digitalisasi. Terlebih lagi, digitalisasi telah menjadi solusi bagi para pengelola koperasi untuk bertahan dan tumbuh di zaman saat ini.

Lebih lanjut diterangkan, digitalisasi merupakan sarana bagi koperasi untuk dapat semakin optimal berperan membantu pelaku usaha maupun masyarakat dalam memperoleh akses modal dan pelatihan pengembangan usaha.

“Agar dapat terus mengoptimalkan peran strategis ini, koperasi dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Salah satunya melalui digitalisasi koperasi,” tegasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: