Hafalan Alquran Siswa SMP Al Irsyad Kota Tegal Diuji Tim Kemenag

Hafalan Alquran Siswa SMP Al Irsyad Kota Tegal Diuji Tim Kemenag

UJIAN – Siswa SMP Al Irsyad mengikuti Ujian Tahfidz Alquran di Gedung Al Irsyad.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL -  SMP Al Irsyad Islamic School Kota Tegal menyelenggarakan Ujian Tahfidz Alquran di Gedung Al Irsyad, Jalan Mayjend Sutoyo Kota, Tegal. Dalam Ujian Tahfidz Alquran ini, SMP Al Irsyad menggandeng Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal untuk menguji langsung hafalan Alquran 105 siswa kelas VII, VIII dan IX. 

“Ujian Tahfidz Alquran dilaksanakan SMP Al Irsyad setahun sekali. Ujian ini untuk mengukur pencapaian hafalan Alquran siswa. Kali ini, yang diujikan sebanyak 105 siswa. Bagi yang belum mengikuti, bisa menunggu ujian tahun berikutnya,” kata Kepala SMP Al Irsyad Moh Alwi SPd saat pembukaan acara Ujian Tahfidz Alquran.

BACA JUGA:Pemkab Pemalang Adakan Peringatan ke-28 Otonomi Daerah

Kepala sekolah lebih lanjut mengatakan, SMP Al Irsyad merupakan sekolah yang memiliki visi untuk mencetak penghafal Alquran. SMP Al Irsyad mempunyai Program Unggulan Kelas Tahfidz International Curriculum Class yang mulai tahun ajaran baru akan dibagi menjadi International Curriculum Class dan Tahfidz Curriculum Class. 

SMP Al Irsyad juga memiliki Pesantren Pelajar. “Dengan mengikuti Ujian Tahfidz Alquran ini, siswa mendapat sertifikat yang bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Orang tua juga akan merasa bangga. Kami berharap siswa yang bersekolah di SMP Al Irsyad tidak hanya memiliki kecerdasan semata, namun juga hafal Alquran,” ucap Alwi.

BACA JUGA:KB Gratis untuk Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk Kabupaten Pemalang

Ujian Tahfidz Alquran dibuka Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal H Ahmad Mundzir SAg MM. Dalam sambutannya, Mundzir menyampaikan, ujian adalah upaya untuk meningkatkan derajat dan memantaskan diri. Kemenag Kota Tegal telah bekerja sama dengan Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz, sebuah organisasi profesi para penghafal Alquran.

Dengan diadakannya Ujian Tahfidz Alquran ini akan diketahui siswa SMP Al Irsyad hafalan, tajwid, dan fasahahnya sudah baik. “Sehingga bisa mendapat predikat sebagai Ahlul Quran. Setelah ujian selesai, lanjutkan terus sampai hafal 30 juz. Agar kelak diberi mahkota kemuliaan di Yaumul Qiyamah bagi kedua orang tua,” ungkap Mundzir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: