KB Gratis untuk Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk Kabupaten Pemalang

KB Gratis untuk Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk Kabupaten Pemalang

GRATIS - Pelayanan KB gratis berlangsung di Puskesmas Bantarbolang.Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pelayanan KB gratis dalam rangka Hari Kartini dan Aisyah. Dilaksanakan secara serempak di puskesmas yang ada di Kabupaten Pemalang. Salah satunya di Puskesmas Bantarbolang untuk kendalikan laju pertumbuhan penduduk

Penyuluh KB Kecamatan Bantarbolang Kukuh Raharso mengatakan, setiap momentum pelayanan KB gratis ini sangat dinantikan oleh pasangan usia subur. Apalagi yang tidak mempunyai kartu BPJS. Pelayanan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan KB Gratis. Serta membantu pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Adakan Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana

"Dalam Kegiatan ini, akseptor didampingi   pembantu penyuluh KB desa dan kader KB," katanya.

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta pasangan usia subur menjadi terbantu. Karena mendapatkan pelayanan gratis pemasangan alat kontrasepsi berupa IUD dan implan. Yang dilayani di puskesmas, sedangkan untuk MOW dan MOP dilakukan di rumah sakit.

"Manfaat KB sangat besar bagi masyarakat, semoga terus berkelanjutan dengan program program terbaiknya," imbuhnya. 

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Gulirkan Program Tagana Masuk Sekolah

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Koramil Kecamatan Bantarbolang Serka Mustofa turut melakukan pendampingan pelayanan KB gratis. TNI sebagai mitra BKKBN tentunya aktif dalam berbagai program yang ada di BKKBN. Selain dalam program pelayanan KB, kegiatan Tribina, kegiatan UPPKA, pembinaan PIK remaja. 

Peran serta para Babinsa ikut menyukseskan adanya program KB adalah ikut menyosialisasikan tentang pentingnya KB di wilayah binaan. Serta ikut menjaga ketertiban dan keamanan saat pelaksanaan, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan tertib aman dan lancar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: