Pj Gubernur Jateng Tergetkan Raih 5 Besar di Tingkat Nasional saat Penutupan MTQ

Pj Gubernur Jateng Tergetkan Raih 5 Besar di Tingkat Nasional saat Penutupan MTQ

SAMBUTAN - Pj gubernur Jawa Tengah memberikan sambutan.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, PATI - Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menutup Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi di Alun-alun Kabupaten Pati.

Nana Sudjana menyerahkan langsung piala dan hadiah kepada para pemenang MTQ ke-30 dari berbagai kategori lomba. 

Dalam gelaran ini, Kota Semarang keluar sebagai juara umum. Berikut daerah yang masuk sepuluh besar MTQ-30: Kota Semarang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Magelang.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri Hadiri Peringatan Hari Otda ke-XXVIII

Kompetisi ini terdiri dari delapan cabang dengan 24 kategori, baik putra maupun putri. Pesertanya sebanyak 830 orang berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng. 

"Pelaksanaan MTQ ke-30 Provinsi Jawa Tengah berjalan baik, sukses, dan alhamdulillah hasilnya cukup baik. Kami ucapkan terima kasih kepada panitia LPTQ Provinsi, Kanwil Kemenag Jateng, dan Pemkab Pati," kata Nana Sudjana usai acara.

Dikataka Nana, perhelatan ini juga menjadi ajang untuk persiapan MTQ tingkat nasional pada September 2024 mendatang. Pada gelaran MTQ tingkat nasional sebelumnya, Provinsi Jawa Tengah menempati peringkat ke-10 dari 38 provinsi.

BACA JUGA:Dinas Sosial KBPP Kabupaten Pemalang Adakan Layanan KB Gratis

"Tahun ini MTQ tingkat nasional akan dilaksanakan di Kalimantan Timur. Kami memasang target peningkatan peringkat dengan masuk lima besar," katanya.

Pasca pelaksanaan MTQ ke-30 tingkat provinsi ini, ke depan akan dibentuk tim khusus untuk persiapan menuju MTQ Nasional. Para pemenang tingkat provinsi akan diseleksi kembali sesuai dengan jumlah kategori yang dilombakan pada tingkat nasional.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Kemenangan ini merupakan awal untuk meningkatkan prestasi. Masih banyak jenjang yang akan dihadapi. Tetaplah rendah hati dan terus berlatih untuk mengasah kemampuan agar bisa tampil maksimal dan mengharumkan nama Jawa Tengah," kata Nana.

BACA JUGA:25 Peserta Ikuti Pelatihan Program PKW Sunda Siger di Kota Tegal

Sebagai informasi, perhelatan yang yang berlangsung di Kabupaten Pati pada 25-28 April 2024 ini mengusung tema “Semangat MTQ Bangun Jiwa Muda Qur’ani Untuk Jawa Tengah Lebih Religius".

Menurut Nana, bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius sebagaimana dicantumkan dalam sila pertama Pancasila. Salah satu manifestasi dari nilai religiusitas bangsa Indonesia adalah mencintai, memahami dan mengamalkan kitab sucinya. Bagi umat Islam kitab suci itu adalah Al-qur’an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: