Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri Hadiri Peringatan Hari Otda ke-XXVIII

Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri Hadiri Peringatan Hari Otda ke-XXVIII

FOTO BERSAMA - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri menghadiri Peringatan Hari Otda ke-XXVIII di Grand City Mal Surabaya.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, TEGAL - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri bersama gubernur, bupati/wali kota se-Indonesia. Bersama Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Tegal, Mohammad Suharto di Grand City Mal Surabaya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menyampaikan dua hal berbeda di hari peringatan Otonomi Daerah (Otda) ke-XXVIII. Dibandingkan peringatan hari Otda pada dua atau tiga tahun sebelumnya. 

Pertama, peringatan tahun ini, Kemendagri memberikan penghargaan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) tahun 2023. Kepada 5 gubernur terbaik, 10 wali kota terbaik dan 15 bupati terbaik. Diantara yang menerima penghargaan terbaik ini di tahun lalu itu di ajukan mendapat bintang kepada presiden.

BACA JUGA:Bhakti Praja Dukuhwaru Kabupaten Tegal Mendapat Program SMK Pusat Keunggulan

Untuk yang dapat bintang dari presiden adalah yang telah menerima penghargaan di Makassar. Maka penerima penghargaan yang tadi pagi oleh menteri yaitu lima gubernur, 10 wali kota dan 15 bupati.

"Segera akan kita ajukan kepada presiden untuk mendapat bintang dan diserahkan di Hari Otonomi Daerah tahun depan," ujarnya.

Hal yang kedua, Suhajar menyampaikan bahwa Pakaian Dinas Upacara Besar (PDUB) untuk Kepala Daerah. Akan dipakai pada saat pelantikan, menjadi inspektur upacara pada tanggal 17 Agustus dan di Hari Otonomi Daerah.

"Karena memang Hari Itonomi Daerah ini pelaku utamanya kepala daerah," tambahnya.

BACA JUGA:Pengelola Makanan di RSUD Suradadi Kabupaten Tegal Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Sekjen Kemendagri juga mendorong kepala daerah untuk menyampaikan laporan EPPD kepada Kemendagri. Maka dari itu pihaknya meminta kepada Pemda untuk mengadakan pemdampingan dalam penyampaian laporan EPPD.

"Ada 117 daerah harus kita dampingi jangan sampai menyampaikan laporannya tidak lengkap," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam sambutanya menyampaikan selamat datang di Kota Surabaya kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Semua ini merupakan momen istimewa dan spesial bagi Surabaya karena ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanakan rangkaian peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28.

BACA JUGA:Adakan Panen Hasil Belajar Program Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Tegal

Ada satu kebanggaan bagi Pemerintah Kota Surabaya di Hari Peringatan Otda ini karena merupakan pembuktian. Bahwa di bawah Kemendagri maka di seluruh daerah memiliki kekuatan kebersamaan yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: