Didominasi Guru, 99 PNS Pemkab Tegal Masuk Masa Pensiun

Didominasi Guru, 99 PNS Pemkab Tegal Masuk Masa Pensiun

SK - Asisten Administrasi Umun Sekda Kabupaten Tegal Abdul Apipudin menyerahkan SK pensiun kepada PNS yang purna tugas.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Sebanyak 99 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Tegal. Memasuki masa pensiun. Dari jumlah tersebut, mayoritas yang pensiun berprofesi sebagai pendidik atau guru.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tegal Mujahidin mengatakan, 99 orang yang menerima SK pensiun ini, antara lain golongan ruang IV/c 2 orang, IV/b 29 orang, IV/a 24 orang, III/d 16 orang, III/c 6 orang, III/b 9 orang, III/a 6 orang, II/d 6 orang dan II/c 1 orang.

BACA JUGA:Pemkab Pemalang Turun Tangan Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kilogram

Selain itu, jumlah pensiunan pada jabatan pimpinan tinggi pratama ada 1 orang, jabatan administrasi 3 orang. Jabatan pengawas 7 orang, guru 58 orang, pejabat fungsional 10 orang dan pejabat pelaksana 20 orang.

Menurutnya, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002, sebanyak 88 orang PNS yang menerima SK pemberhentian dan pemberian pensiun akan mendapatkan kenaikan pangkat pengabdian, serta ada 11 orang yang tidak menerima pangkat pengabdian, di mana hal ini telah dikoordinasikan dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Harga Beras di Kota Tegal Berangsur Turun

“Calon purna tugas yang hadir sudah bisa menikmati kenaikan gaji dengan kenaikan pangkat pengabdiannya, yaitu pada bulan April bagi yang pensiun tanggal 1 Mei 2024, serta bulan Mei nanti bagi pensiun 1 Juni 2024,” kata Mujahidin, usai acara penyerahan SK pensiun, di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, belum lama ini.

Sementara, Asisten Administrasi Umun Sekda Kabupaten Tegal Abdul Apipudin mengatakan, masa pensiun sejatinya adalah masa paling indah karena tekanan pekerjaan menurun tajam dan banyak sekali peluang di tengah waktu luang.

BACA JUGA:23 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Ikuti Tes Rekrutmen PT Komatsu Indonesia

"Sehingga pensiun adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan potensi diri dan mempelajari hal-hal baru,” ucapnya.

Menurut Apip, tidak sedikit cerita sukses dari PNS purna tugas yang berhasil menjalani masa pensiunnya dengan aktivitas produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: