Harga Beras di Kota Tegal Berangsur Turun

Harga Beras di Kota Tegal Berangsur Turun

MEMBUNGKUS - Pedagang di Pasar Bandung Kota Tegal Ningsih membungkus beras ke plastik untuk dijual ke pembeli.Foto:K Anam S/hateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Harga beras di pasar rakyat Kota Tegal mulai berangsur turun setelah sebelumnya  mengalami kenaikan cukup tinggi saat bulan Ramadan lalu. Penurunan harga beras di pasar rakyat seperti yang terpantau oleh Radar Tegal di Pasar Bandung, pasar yang terletak di Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal.

"Harga beras sudah turun," kata pedagang di salah satu kios Pasar Bandung, Ningsih, sembari melayani pembeli yang datang ke kiosnya.

BACA JUGA:ASN Pemerintah Kabupaten Tegal Diminta Respon Cepat Aduan Masyarakat

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM Perdagangan) Kota Tegal M Rudy Herstyawan melalui Kepala Bidang Perdagangan Yudi Arianto membenarkan harga beras di pasar rakyat Kota Tegal mulai berangsur turun. 

"Betul," kata Yudi saat dikonfirmasi.

Berdasarkan data yang dirilis Dinkop UKM Perdagangan, penurunan beras terjadi semenjak menjelang Lebaran. Harga beras berjenis premium mengalami penurunan harga dari Rp17.000 per kilogram menjadi Rp16.000 per kilogram dan sejak 9 April 2024 lalu menjadi Rp15.000 per kilogram.

BACA JUGA:Baznas Kabupaten Tegal Salurkan Bansos Rp5,75 Miliar

Sedangkan harga beras berjenis medium dari Rp14.000 menjadi Rp13.500 dan sejak 9 April 2024 menjadi Rp13.000. Namun demikian, penurunan harga beras tersebut belum menyentuh harga normal sesuai Harga Eceran Tetap (HET). Dimana, HET beras premium Rp14.900 per kilogram dan HET beras medium Rp10.000 per kilogram. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: