Baznas Kabupaten Tegal Salurkan Bansos Rp5,75 Miliar

Baznas Kabupaten Tegal Salurkan Bansos Rp5,75 Miliar

PENYALURAN - Petugas Baznas Kabupaten Tegal salurkan paket bantuan untuk keluarga lokus penanganan stunting di Desa Kesuben.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal menyalurkan dana bantuan sosial (bansos). Serta kemanusiaan senilai Rp5,75 miliar kepada 28.575 mustahik dan orang-orang yang berhak menerimanya sepanjang tahun 2023 lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Staf Ahli Bupati Tegal Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan Abdul Basit mengatakan, Baznas ini terkumpul dari Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) para ASN dan pegawai BUMD di lingkungan Pemkab Tegal. Jumlahnya sebanyak 2.246 muzakki.

BACA JUGA:30.000 Ketupat akan Meriakan Festival di Pantai Widuri Kabupaten Pemalang

"Atas nama pribadi dan Pemkab Tegal saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Tegal yang telah menunjukkan komitmennya mengelola dana ZIS secara profesional dan transparan,” kata Basit, beberapa waktu lalu.

Basit yakin, melalui kelembagaan Baznas ini, dana ZIS akan dikelola dengan baik, dimanfaatkan dan disalurkan secara efektif serta efisien untuk mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan.

BACA JUGA:Panen Kopi di Lereng Gunung Slamet Kabupaten Pemalang Meningkat hingga 30 Persen

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Tegal Akhmad Rofiqi menjabarkan berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Seperti penyaluran bantuan kepada mustahik berupa program kemanusiaan senilai Rp1,57 miliar atau 27 %, pendidikan Rp1,43 miliar atau 25 %. kesehatan Rp305 juta atau 5,3 %, dakwah Islam Rp859 juta atau 14,9 persen serta bantuan ekonomi Rp909 juta atau 15,8 %.

Terkait perolehan zakat, dirinya memandang masih banyak potensi yang belum tergali maksimal. Dicontohkan, potensi perolehan zakat dari ASN Pemkab Tegal Kabupaten Tegal bisa mencapai Rp18,5 milar setiap tahunnya namun baru tergali sekitar Rp3,4 miliar atau 18,38 %.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: