Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tunggu Sinyal Dukungan dari Perbankan

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tunggu Sinyal Dukungan dari Perbankan

OPTIMIS - Kabid Penataan Lingkungan DLH optimis wujudkan Taman Keanekaragaman Hayati.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Upaya mewujudkan  Taman Keanekaragaman Hayati di Cacaban yang sempat digaungkan Dinas Lingkungan Hidup (DLHKabupaten Tegal  kini memasuki babak baru. Kajian Pusat Studi UGM  tengah bergulir yang berupaya  melakukan pengurangan emisi karbon dengan tanaman pohon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Tegal  Muchtar Marwardi melalui  Kabid Penataan Lingkungan Taroyo  menyatakan, saat ini pihaknya menunggu sinyal dari dunia perbankan untuk memastikan kapan  program tersebut akan dijalankan. 

"Kami saat ini masih  menunggu sinyal dari perbankan untuk mendukung sumber daya lahan yang luasanya  mencapai 13,5 hektare," ujarnya.

BACA JUGA:Atasi Masalah Sampah di Kabupaten Pemalang Mulai dari Tingkat Desa

Ke depan, konsep Taman Keanekaragaman Hayati dalah pemberdayaan masyarakat sekitar. Yang salah satu kuncinya, kebaradaan bisa memberi kesejahteraan  masyarakat yang mengelolanya. 

"Kita hanya ingin taman tersbeut hijau dan banyak tamanan," cetusnya.

Pihaknya sudah menyusun SK Bupati  terkait penetapan  tapak lokasi taman untuk diamankan oleh tata ruang agar lokasinya aman tidak digunakan pihak lain.

BACA JUGA:Muara Tanjungsari Kabupaten Pemalang Gagal Dikeruk 

"Untuk sistem pengelolaan nantinya akan libatkan OPD lain  seperti Forum DAS Cacaban. Serta pegiat lingungan hidup dengan menggunakan konsep koleksif," ungkapnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: