3 Cara Mengatasi Data Pribadi Disebar oleh DC Lapangan Pinjol Jika Terlanjur Menggunakan Platfrom Ilegal

3 Cara Mengatasi Data Pribadi Disebar oleh DC Lapangan Pinjol Jika Terlanjur Menggunakan Platfrom Ilegal

Cara mengatasi data pribadi disebar oleh DC lapangan pinjol--

DISWAY JATENG - Terjebak pinjaman online ilegal dan takut data pribadi disebar oleh debt collector jika galbay? Tenang saja, kini ada beberapa cara mengatasi data pribadi disebar oleh DC lapangan pinjol.

Kini platfrom pinjol legal atau ilegal sudah marak dikalangan masyarakat, sebagai solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Jika saat ini Anda galbay di pinjol ilegal, perlu tahu cara mengatasi data pribadi disebar oleh DC lapangan pinjol.

Cara mengatasi data pribadi disebar oleh DC lapangan pinjol mudah dilakukan, terlebih jika Anda sudah terlanjur menggunakan pinjol ilegal. Langkah ini efektif juga untuk menghindari teror atau ancaman dari penagihan kasar.

Kami sudah merangkum beberapa cara mengatasi data pribadi disebar oleh DC lapangan pinjol. Berikut langkah cerdas dan dijamin efektif jika Anda sudah terlilit utang dan mendapati kerugian di pinjol ilegal.

BACA JUGA: 6 Cara Agar DC Lapangan Pinjol Berhenti Menganggu dan Melakukan Intimidasi Kepada Nasabah Galbay

Cara mengatasi data pribadi disebar oleh DC lapangan pinjol

1. Laporkan Pinjol Ilegal ke Lembaga Berwenang

  • Cara mengatasi data pribadi disebar oleh DC lapangan pinjol pertama, yakni melaporkanya ke OJK. Anda dapat mengakses pengaduan jika merasa dirugikan ke [email protected], dengan menjungungi web resmi OJK.
  • Kedua, Anda bisa melaporkan ke polisi denagn menyertakan bukti pendukung yang kuat. Anda bisa akses situs https://patrolisiber.id atau email ke [email protected].
  • Ketiga, laporkan ke Kominfo melalui alamat email [email protected]. Pastikan laporan yang dibuat disertai bukti pendukung yang kuat.

Penting diketahui, bahwa Anda bisa melaporkan kerugian penyalahgunaan data jika sudah ada bukti pendukung yang kuat. Bukti tersebut biasanya seperti rekaman suara, isi chat, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 3 Cara Blokir Nomor DC Lapangan Pinjol Tanpa Aplikasi Tambahan Cuma Lewat HP

2. Hapus Perizinan Pada Aplikasi Pinjol

  • Buka menu pengaturan pada ponsel.
  • Setelah itu, pilih ‘Pengaturan Aplikasi’.
  • Gulir hingga menemukan aplikasi pinjaman online yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya, pilih ‘Hapus Data dan Cache’

Cara ini dapat Anda lakukan hanya melalui ponsel yang digunakan untuk mengajukan pinjaman online. Pastikan cara ini dilakukan dengan langkah-langkah di atas agar lebih efektif.

3. Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol

Jika saat ini korban menerima penawaran utang di pinjol ilegal, maka segera hapus dan uninstall di perangkat ponsel. Platfrom pinjol ilegal biasanya akan meminta seluruh akses data di ponsel, sehingga data tersebut bisa dicuri bahkan disalahgunakan.

Saat data pribadi disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, Anda bisa hapus data dan cache aplikasi. Hal ini bertujuan agar virus malware  yang sengaja dibuat pinjol ilegal untuk mencuri data bisa hilang dari aplikasi tersebur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: