Mampu Meredakan Dahaga, Inilah 5 Resep Menu Buka Puasa yang Segar dan Dingin

Mampu Meredakan Dahaga, Inilah 5 Resep Menu Buka Puasa yang Segar dan Dingin

resep menu buka puasa yang segar dan dingin--foto liputan6.com

BACA JUGA:10 Menu Buka Puasa Berbuka dengan Olahan Ayam yang Menggugah Selera, Patut Dicoba

Cara membuat :

  • Aduk rata Buavita Guava bersama air soda dan kental manis.
  • Siapkan gelas saji yang sudah diisi es batu. Sendokkan stroberi dan kiwi ke dalamnya.
  • Tuang campuran soda dan Buavita Guava ke dalam gelas. Sajikan.

4. Puding Coklat Biskuit

Sekilas memang mirip puding biasa, tapi yang menjadikan resep ini unik adalah tiga lapisan berselang-seling antara puding dan biskuit, yang harus dibuat terpisah agar tampilan puding semakin estetik. Ini adalah puding biskuit susu yang sempat viral beberapa waktu lalu. Kali ini, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah.

Lapisan 1: Siapkan loyang puding. Susun biskuit susu mengelilingi dasar cetakan. Sisihkan. Masak air bersama agar-agar bubuk sambil diaduk di atas api kecil. Masukkan gula pasir, aduk hingga gula larut dan hampir mendidih. Angkat. Aduk agar suhu panasnya berkurang. Tuang secara bertahap ke dalam loyang puding menggunakan sendok sayur. Sisihkan hingga mengeras atau padat.

Lapisan 2: Seduh SariWangi Teh Asli dalam air panas selama 3 menit. Keluarkan teh, campur bersama susu cair, agar-agar bubuk, dan gula pasir. Masak sambil diaduk di atas api kecil hingga hampir mendidih. Angkat. Aduk agar suhu panasnya berkurang. Tuang secara bertahap ke atas lapisan 1. Sisihkan hingga padat.

Lapisan 3: Masak susu bersama agar-agar bubuk, cokelat bubuk, dan gula sambil diaduk di atas api kecil hingga larut dan hampir mendidih. Angkat. Tuang perlahan ke dalam loyang puding. Diamkan hingga padat.

Simpan dalam kulkas hingga dingin. Keluarkan. Potong-potong puding dan sajikan.

5. Chocolatte Mousse

Chocolate mousse menu buka puasa yang segar, merupakan salah satu dessert favorit saat kalian menyantap menu prasmanan di hotel. Tampilannya mirip seperti puding, namun tidak terlalu padat, karena ada kandungan udara di dalamnya. Inilah yang menjadikan mousse terasa ringan di mulut. Proses membuatnya memang sedikit rumit, tapi hasilnya sungguh sepadan dengan cita rasanya.

BACA JUGA:Menu Sahur untuk Diet Sehat Saat Puasa, Jadi Pilihan yang Tepat untuk Menjaga Berat Badan

Cara membuat :

  • Candied orange : Kupas memanjang kulit jeruk dengan peeler. Belah menjadi 4 bagian masing-masing irisan kulit jeruk. Rebus kulit jeruk di atas api kecil bersama Buavita Orange dan 1 sdm gula pasir. Masak selama 15 menit atau hingga menyusut. Angkat. Tiriskan kulit jeruk hingga kandungan airnya berkurang. Gulingkan ke atas gula pasir hingga kulit jeruk terselimuti dengan gula. Dinginkan dalam kulkas hingga mengeras. Sisihkan.
  • Chocolate mousse : Masak 125 g krim kental dan gula di atas api kecil. Masukkan kuning telur sambil diaduk perlahan hingga rata. Tuang cokelat masak pekat, aduk rata. Angkat.
  • Saat tidak panas, masukkan sisa krim kental dan gelatin. Aduk rata. Tuang ke dalam cetakan berbentuk kubus (diameter 8 cm). Simpan di dalam freezer hingga memadat (± 1 jam). Sisihkan.
  • Siapkan chocolate mousse, taburi candied orange ke atasnya. Sajikan.

Demikian beberapa informasi mengenai resep menu buka puasa yang segar dan dingin yang perlu kalian coba saat menyiapkan berbuka puasa nanti. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: