Mampu Meredakan Dahaga, Inilah 5 Resep Menu Buka Puasa yang Segar dan Dingin

Mampu Meredakan Dahaga, Inilah 5 Resep Menu Buka Puasa yang Segar dan Dingin

resep menu buka puasa yang segar dan dingin--foto liputan6.com

DISWAY JATENG - Setelah seharian berpuasa, momen berbuka adalah salah satu hal yang dinantikan. Untuk itu, umumnya bikin resep menu buka puasa yang segar dan dingin menjadi pilihan. 

Agar momen buka puasa semakin menggiurkan, kalian bisa menyiapkan resep menu buka puasa yang segar dan dingin dengan cita rasa manis dan enak yang tek perlu diragukan lagi. 

Seketika, dahaga pun hilang dan digantikan rasa segar sekaligus adem di tenggorokan. Mau inspirasi aneka takjil berupa minuman dan dessert yang menyegarkan? Coba bikin resep menu buka puasa yang segar dan dingin ini.

Ada banyak pilihan resep menu buka puasa yang segar dan dingin. Tak hanya minuman, tapi juga aneka dessert yang menggoda dengan cita rasa manis. Tak perlu menyantapnya banyak-banyak, karena sedikit pun sudah mampu mengusir haus dan lapar sekaligus. Simak berikut ini.

BACA JUGA:Wajib Dicoba Dirumah, Berikut 7 Menu Makanan Buka Puasa Sederhana dan Praktis

1. Es Lumut Rasa Mangga

Es lumut sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial. Minuman ini adalah ide baru yang menyegarkan dari konsep punch bowl a la Indonesia. Kalau biasanya mangkuk besar diisikan es kelapa, cendol, kolak, atau timun suri, kali ini resep es lumut menggunakan jelly yang dibuat dari Buavita Mango.

Cara membuat :

  • Aduk rata susu evaporasi bersama madu dan susu rendah lemak. Sisihkan.
  • Masukkan Buavita Mango ke dalam panci bersama jelly bubuk, aduk.
  • Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga hampir mendidih. Angkat.
  • Siapkan wadah besar, masukkan 2 bongkah es batu.
  • Tuang campuran jelly. Aduk cepat larutan jelly menggunakan sendok sayur sambil disiram-siramkan ke atas es batu agar jelly cepat terbentuk.
  • Lanjutkan dengan membentuk lumut menggunakan whisk dengan cara diaduk cepat sambil ditekan untuk gumpalan jelly yang masih besar. Keluarkan sisa es batu.
  • Tuang campuran susu evaporasi, aduk. Sajikan.

2. Es Buah Campur

Bisa dibilang, blewah dan timun suri adalah primadona di bulan puasa. Tak heran kalau keduanya sangat mudah ditemukan di mana-mana. Kandungan airnya yang tinggi sangat cocok menjadi pelepas dahaga setelah berpuasa seharian. Paling favorit jika diolah menjadi es buah yang manis dan menyegarkan. Tambahkan juga aneka buah potong lainnya agar isinya semakin lengkap.

Cara membuat :

  • Serut memanjang blewah. Sisihkan.
  • Serut memanjang timun suri, serut memanjang. Sisihkan.
  • Cetak semangka menggunakan pengeruk buah bulat. Sisihkan.
  • Potong nanas membentuk segitiga atau kotak seukuran semangka. Sisihkan.
  • Masukkan semua bahan buah, lidah buaya, dan Buavita Mango ke dalam mangkuk besar. Siapkan gelas saji yang sudah diisi dengan es batu. Tuang campuran es buah ke dalam gelas saji. Sajikan dingin.

3. Soda Gembira Buah-buahan

Menu buka puasa yang segar selanjutnya adalah soda gembira buah-buahan. Minuman jadul ini juga sering disebut sebagai soda susu, karena merupakan paduan antara air soda, es, sirup, dan kental manis.

Untuk berbuka puasa kali ini sebagai pengganti sirup, kalian bisa gunakan Buavita Guava. Kemudian tambahkan irisan buah stroberi dan potongan buah kiwi agar penampilannya lebih menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: