Manfaat Puasa untuk Kesehatan Wanita, Salah Satunya Bisa Menyehatkan Kulit

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Wanita, Salah Satunya Bisa Menyehatkan Kulit

Manfaat puasa bagi wanita-Klik Dokter-

DISWAYJATENG - Halo, ladies! Nggak kerasa nih udah di bulan Ramadan aja, yang artinya waktunya untuk menjalankan ibadah puasa.

Tapi tahukah kamu bahwa puasa tidak hanya sebagai kewajiban ibadah, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan wanita? Nah, yuk kita simak bersama-sama apa saja manfaat puasa untuk kesehatan wanita!

Manfaat puasa untuk kesehatan wanita mungkin hampir sama dengan manfaat puasa untuk pria. Namun, ada beberapa yang menyebutkan hal ini memiliki sisi perbedaan. Tapi jangan khawatir, baik wanita maupun pria, jika melakukan puasa maka akan memperoleh manfaat yang baik.

Sebelum kita masuk ke manfaat puasa untuk wanita, ada baiknya kita tahu dulu bahwa manfaat puasa bisa berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat puasa pada wanita cenderung lebih sedikit dibanding pria.

BACA JUGA:Tak Sekadar Ibadah, Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Ternyata Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Ini bisa dipengaruhi oleh perbedaan hormonal antara wanita dan pria. Tapi jangan khawatir, ladies, karena wanita tetap akan merasakan manfaat dari puasa!

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Wanita

1. Mengurangi Berat Badan

Saat berpuasa, tubuh mengalami perubahan metabolisme di mana lemak menjadi sumber energi utama setelah simpanan gula terpakai. Ini membuat konsumsi kalori harian ikut berkurang, yang pada akhirnya bisa membantu menurunkan berat badan.

Jadi, puasa tidak hanya bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal, tapi juga membantu dalam proses penurunan berat badan.

BACA JUGA:Ajaib, Inilah Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat puasa untuk wanita dapat mengurangi berat badan, tak jarang banyak wanita yang merasakan senang saat berpuasa. Karena, pola makan dan timbangannya bisa seimbang.

2. Memelihara Kesehatan Mental

Menurut sebuah riset di Inggris, puasa dapat meningkatkan perasaan mawas diri, rasa bangga, dan kontrol diri. Selain itu, suasana tenang dan kebersamaan selama bulan Ramadhan juga dapat menciptakan kesejahteraan emosional.

Puasa juga bisa membantu menurunkan hormon stres (kortisol) dan meningkatkan hormon bahagia (endorfin), sehingga menjaga kesehatan mentalmu.

BACA JUGA:Masih Nggak Percaya Puasa Bisa Menyehatkan Tubuh Anda? Berikut 4 Fakta Menarik Puasa Ramadhan

3. Mempercepat Metabolisme

Selama puasa, metabolisme tubuh bekerja lebih cepat karena terbatasnya asupan makanan. Ini membantu dalam pembakaran lemak dan juga dapat menurunkan tingkat stres selama puasa.

Manfaat puasa untuk wanita yang bisa kamu rasakan adalah dapat mempercepat metabolisme tubuh. Dengan begitu, maka aktivitas puasa menjadi hal yang bermanfaat.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Puasa mendorong seseorang untuk menjaga pola makan yang lebih sehat, termasuk mengurangi konsumsi makanan berlemak yang dapat memicu penyakit jantung. Sebuah riset dari University of Illinois bahkan menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan tekanan darah hingga 6% selama 3 minggu.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selama puasa, tubuh melakukan proses detoksifikasi yang membantu mengeluarkan racun dan bahan berbahaya dari tubuh. Hal ini juga mendorong regenerasi sel dan jaringan, yang dapat membantu menghambat penuaan kulit. Jadi, selain menjaga kesehatan tubuh, puasa juga dapat membuat kulitmu lebih bersinar dan sehat!

Manfaat puasa untuk wanita yang satu ini bisa kamu rasakan untuk kesehatan kulit. Kulit bisa terhidrasi saat berpuasa. Selain itu, pola makan dan aktivitas saat puasa juga bisa membantu menyehatkan kulit.

Penuhi Asupan Nutrisi dengan Baik

Untuk menjalani puasa dengan lancar dan menjaga kesehatan tubuhmu, pastikan kamu memperhatikan asupan nutrisi saat sahur dan berbuka. Ada 3 nutrisi penting yang harus kamu perhatikan: kalsium, vitamin D3, dan Ester-C.

- Kalsium: Penting untuk menjaga kepadatan tulangmu, terutama bagi wanita yang rentan terhadap osteoporosis.

 - Vitamin D3: Membantu penyerapan kalsium pada tulang, sehingga tulangmu tetap kuat dan sehat.

- Ester-C: Mendukung daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, menjaga kesehatan tubuhmu selama menjalani puasa.

Jadi, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut agar tetap bugar dan sehat selama bulan Ramadhan!

Itulah beberapa manfaat puasa untuk wanita yang bisa kamu rasakan. Dengan menjaga pola makan yang sehat dan memperhatikan asupan nutrisi yang cukup, kamu bisa menjalani puasa dengan nyaman dan tetap bugar. Selamat berpuasa, ladies!(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: