Surat Tugas DC Lapangan Pinjol yang Wajib Dibawa Jika Menagih Utang, Usir Apabila Tidak Membawa 4 Dokumen ini

Surat Tugas DC Lapangan Pinjol yang Wajib Dibawa Jika Menagih Utang, Usir Apabila Tidak Membawa 4 Dokumen ini

surat tugas DC lapangan pinjol--

Apabila tidak ada surat tugas Anda bisa mengusir debt collector yang datang ke rumah. Selain itu, jika ada surat tugas, menandakan bahwa debt collector tersebut berasal dari pihak penyedia pinjol.

4. Bukti Dokumen Tagihan Utang

Debt collector yang datang ke rumah harus menyertakan bukti dokumen debitur kepada nasabah. Pihak debt collector wajib memperlihatkan dokumen tersebut dan Anda bisa cek sesuai perjanjian peraturan yang berlaku.

Jika pihak penagih utang dari aplikasi pinjol tidak membawa 4 surat di atas, Anda bisa langsung usir dari rumah. Surat tersebut bertujuan untuk membuktikan bahwa petugas penagih asli dari penyedia layanan pinjol.

Penting diketahui, DC bisa datang ke rumah nasabah dan gak boleh asal menagih. OJK sudah menetapkan waktu penagihan di pukul 08.00 sampai 20.00.

BACA JUGA: Ini Dia 3 Modus Operasi Joki Pinjol yang Dapat Menimbulkan Risiko Galbay dan Penipuan

Jika penagihan utang melebihi atau kurang dari waktu tersebut, maka Anda boleh mengusir DC datang ke rumah. Selain itu, Anda bisa menolak kunjungan dari debt collector.

Selanjutnya perhatikan juga cara kerja debt collector yang benar sesuai dengan prosedur, apa saja? Berikut beberapa etika menagih yang tidak boleh dilakukan oleh DC lapangan:

  • Tidak mengucapkan kata-kata kasar maupun tindakan kekerasan fisik
  • Tidak melakukan ancaman kepada debitur
  • Tidak memberikan informasi yang salah mengenai jumlah hutang, bunga maupun denda.

Demikian informasi terkait surat tugas yang perlu dibawa DC lapangan pinjol jika sedang menagih utang. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: