Cara Menghapus Data KTP di Pinjol lewat Ponsel, Cuma Pakai 7 Cara ini Dijamin Efektif

Cara Menghapus Data KTP di Pinjol lewat Ponsel, Cuma Pakai 7 Cara ini Dijamin Efektif

Cara menghapus data KTP di pinjol agar hilang permanen--

4. Uninstall Aplikasi Pinjol

Jika sudah menghapus semua data yang ada di aplikasi pinjaman online, langkah berikutnya yakni menghapus aplikasi. Tekan lama aplikasi pinjol dan akan muncul pilihan, seperti ‘bagikan, hapus, copot pemasangan, dan detail aplikasi’.

5. Menonaktifkan Media Sosial

Supaya menghindari pelacakan dari pihak penyedia pinjol, sebaiknya hapus dan rahasiakan media sosial Anda. Caranya, yaitu memilih pengaturan ‘Hanya Anda’ yang dapat melihat data pribadi maupun postingan.

Kemudian menonaktifkan semua medsos untuk sementara waktu bahkan Anda perlu membuat akun baru apabila teror sudah sangat mengganggu. Langkah ini efektif untuk menghindari tagihan terus-menerus dari debt collector.

6. Reset Handphone

Jika Anda khawatir adanya peretasan handphone oleh pinjol, sebaiknya reset ke setelan pabrik. Perlu diingat langkah ini beresiko dapat menghapus seluruh data di memori ponselmu.

BACA JUGA:Daerah yang Paling Banyak DC Lapangan Pinjol dan Modus Debt Collector Jelang Bulan Ramadhan

Cara ini paling aman karena peretas tidak akan bisa meretas informasi apapun dari handphone Anda. Selain itu, memungkinkan semua data yang ada di aplikasi pinjol bisa hilang.

7. Laporkan ke OJK atau Polisi

Supaya data KTP di pinjol di hapus, Anda bisa melaporkan ke lembaga berwenang. Anda dapat melaporkan jika merasa dirugikan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau polisi.

Caranya, kunjungi situs web OJK atau datangi langsung ke kantor terdekat. Sertakan bukti-bukti pinjol ilegal, seperti nama aplikasi, nomor telepon, email, screenshot, dan lain-lain.

Hal ini bertujuan supaya OJK menindak lanjuti pinjol ilegal dan melindungi masyarakat dari praktik pinjaman online yang tidak ada izin. Cara ini efektif untuk dicoba, karena nantinya OJK akan memblokir platfrom tersebut.

Demikian informasi seputar cara menghapus data KTP di pinjol paling efektif untuk Anda coba. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: