5 Modus Pinjol Ilegal yang Membahayakan Data Pribadi Nasabah, Bisa Menguras Saldo Rekening

5 Modus Pinjol Ilegal yang Membahayakan Data Pribadi Nasabah, Bisa Menguras Saldo Rekening

Modus pinjol ilegal yang membahayakan data pribadi nasabah--

DISWAY JATENG - Saat ini pinjaman online menjadi splusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak. Perlu diketahui, maraknya modus pinjol ilegal dapat membahayakan data pribadi nasabah

Modus pinjol ilegal terbaru 2024 perlu diperhatikan jika ingin mengajukan pinjaman online. Sebelum mengajukan pinjaman pastikan Anda menggunakan pinjol yang sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Jebakan pinjol ilegal dapat dilakukan dari berbagai modus dengan tujuan menyalahgunakan data pribadi atau menguras uang debitur. Karena itu, modus pinjol ilegal perlu diperhatikan supaya informasi pribadi Anda tidak disalahgunakan.

Kami sudah merangkum beberapa modus dari platfrom ilegal yang merugikan debitur. Berikut beberapa modus pinjol ilegal terbaru 2024 yang perlu diwaspadai.

BACA JUGA: 5 Cara Menghindari Teror DC Lapangan Pinjol Ilegal Selama Bulan Ramadhan

Beberapa modus pinjol ilegal terbaru 2024

Apabila saat ini Anda ingin mengajukan pinjaman, pastikan menggunakan platfrom legal. Berikut modus pinjol ilegal yang kerap dilakukan untuk menarik nasabah.

1. Nama yang digunakan mirip dengan pinjol legal

Modus pinjol ilegal yang pertama, yakni nama aplikasi atau platfrom mirip dengan pinjol legal. Jika ada penawaran pinjaman online, cermati dengan baik apabila merasa ada yang tidak masuk akal.

Walaupun pinjol yang menawarkan menggunakan nama aplikasi fintech yang populer, jangan tergiur! Pinjol ilegal dapat mereplikasi nama fintech legal dan memalsukan logo OJK untuk memancing nasabah.

Pembeda yang sering terlihat yaitu beda satu huruf, beda spasi, atau beda huruf besar dan kecilnya. Karena itu, pastikan Anda melihat dengan baik dan jangan sampai mudah terkecoh.

BACA JUGA: 5 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser Pun, Auto Lepas dari Beban Tagihan

2. Langsung transfer tanpa adanya perjanjian

Apabila kamu mendapatkan transfers yang tidak jelas, sebaiknya jangan senang dulu. Kemungkinan bisa saja salah satu modus dari pinjaman online ilegal loh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: