MPP Alaya Sewagati, 1 dari 16 MPP yang Diresmikan Menteri PAN RB

MPP Alaya Sewagati, 1 dari 16 MPP yang Diresmikan  Menteri PAN RB

RESMIKAN-Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono ikut meresmikan mall Alaya Sewagati Kota Tegal secara daring.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, TEGAL - Sebanyak 16 Mal Pelayanan Publik (MPP) diresmikan bersama oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas. Salah satu dari 16 MPP tersebut adalah MPP Alaya Sewagati Kota Tegal. Peresmian bersama ditandai dengan penandatanganan prasasti digital oleh Menteri PAN RB.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)Sartono, Kepala Dinas Kesehatan Zainal dan Plt Kepala Disdukcapil Kota Tegal Nasrudin Husnul Huluk.

BACA JUGA:Harlah Ke-34, SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang Luncurkan TeFa

Plt Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Herman dalam laporannya menyampaikan bahwa salah satu program prioritas Kementerian PAN RB. Dalam menerjemahkan arahan presiden adalah akselerasi pembentukan MPP di seluruh Indonesia dan Peningkatan kualitas pengelolaan MPPD. 

"Tujuannya untuk memberikan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau dan nyaman bagi masyarakat," ujar Herman.

Sementara itu Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya mengapresiasi Bupati dan Wali Kota yang pada hari ini diresmikan Mal Pelayanan Publiknya.

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Kodim Pemalang Adakan Operasi Pasar Murah

Dalam kesempatan tersebut Anas menyampaikan ada empat ekosistem pelayanan terintegrasi yang ditargetkan di 250 Kabupaten/Kota pada tahun 2024. Yang pertama adalah direct services atau pelayanan langsung yaitu interaksi antar pelaksana dan penerima layanan dalam hal ini yaitu MPP yang sekarang diresmikan.

Yang kedua adalah mobile services atau pelayanan bergerak yaitu pelayanan yang menggunakan kendaraan sehingga bisa untuk mendatangi masyarakat.

Yang ketiga adalah Self services atau layanan mandiri yaitu berupa mesin-mesin kecil yang berfungsi untuk bisa melayani dan yang keempat adalah Elektronik Services.

"Ini yang sedang kita tuju di MPP Digital," ujar Anas.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN IBN Tegal Presentasi Hasil Inovasi Desa

Ia juga mengajak Bupati dan Wali Kota di seluruh Indonesia untuk mendorong menciptakan MPP Digital sembari menyiapkan mobil-mobil keliling untuk jemput bola pelayanan kepada masayarakat.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menyampaikan rasa syukurnya karena Kota Tegal sudah mempunyai MPP dan MPP Digital 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: