Mahasiswa KKN IBN Tegal Presentasi Hasil Inovasi Desa

Mahasiswa KKN IBN Tegal Presentasi Hasil Inovasi Desa

PRESENTASI - Mahasiswa KKN IBN Tegal saat presentasi hasil inovasi desa, di Gedung Dadali Bappeda Litbang Kabupaten Tegal.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI – Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal melakukan Presentasi Hasil Inovasi Desa, di Gedung Dadali Bappeda Litbang Kabupaten Tegal.

Presentasi dilakukan mahasiswa IBN setelah melaksanakan KKN di sejumlah lokasi.

Kegiatan presentasi ini dihadiri Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tegal, Wakil Rektor III IBN Tegal Dr Zaki Mubarok MSI, para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan sejumlah perwakilan mahasiswa KKN.

BACA JUGA:Ditpolairud Polda Jateng Mulai Siapkan Tim SAR di Pantura Kabupaten Pemalang

Menurut Zaki Mubarok, presentasi ini bertujuan untuk memamerkan berbagai program inovatif yang telah diimplementasikan oleh para mahasiswa KKN di desa-desa binaan.

Program-program ini dirancang untuk membantu masyarakat desa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Adapun, beberapa program inovatif yang dipresentasikan antara lain, analisis makna dan ketahanan budaya seni Tari Endel di Desa Slarang Lor, Kecamatan Dukuhwaru. Revitalisasi kesenian Rudat Sindang. Pelestarian budaya lokal kuda lumping sapu jagad di Desa Blubuk, Kecamatan Dukuhwaru. Serta program pengolahan bonggol jagung sebagai media tanam jamur di Desa Wotgalih, Kecamatan Jatinegara.

BACA JUGA:Peresmian SPBE Sumur Kidang Kabupaten Pemalang untuk Atasi Kelangkaan Elpiji

"Selain itu, presentasi tentang Menumbuhkan Sikap Nasionalisme dan Patriotisme pada Siswa Indonesian Community Centre (ICC) KOSMA Pahang, Malaysia. Kebetulan mahasiswa kami ada yang KKN di Malaysia," ujarnya.

Dia menjelaskan, KKN adalah salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilakukan oleh mahasiswa.

Melalui KKN ini, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperolehnya di bangku kuliah untuk membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

BACA JUGA:Kapolres Pemalang Ambil Langkah Tegas Tengahi Proses Akuisisi Perusahaan

Sementara, Kabid Litbang dan Pengolah Data Bappeda Litbang Kabupaten Tegal Noor Sofiah ST MPWK mengapresiasi kinerja para mahasiswa KKN IBN Tegal.

Menurutnya, program-program yang dipresentasikan ini menunjukkan bahwa mahasiswa IBN Tegal mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif untuk permasalahan di masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: