Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Launching ILP, Diterapkan di 3 Puskesmas

Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Launching ILP, Diterapkan di 3 Puskesmas

LAUNCHING - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Suspriyanti mewakili Pj bupati Tegal.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

Mereka akan memberikan layanan kesehatan setiap hari dan dibantu oleh 2 kader koordinator.

BACA JUGA:Kapolres Pemalang Ambil Langkah Tegas Tengahi Proses Akuisisi Perusahaan

Pustu juga bertanggungjawab terhadap hasil status kesehatan masyarakat di desa dan akan dipantau berkala setiap minggu melalui dashboard kesehatan.

Sementara untuk kegiatan posyandu, dilakukan secara terjadwal oleh para kader didampingi oleh petugas kesehatan dari Pustu.

Pelayanan yang diberikan adalah edukasi dan krining. Termasuk layanan pencegahan seperti imunisasi dan pemberian makanan tambahan. Para kader juga melakukan kunjungan rumah secara rutin dan terencana.

"Dengan adanya perubahan yang mendasar dalam sistem transformasi layanan kesehatan primer ini, semoga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Tegal," ucapnya.

BACA JUGA:Peresmian SPBE Sumber Kidang Kabupaten Pemalang untuk Atasi Kelangkaan Elpiji

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Suspriyanti saat membacakan sambutan Pj Bupati Tegal mengatakan, program ini harus benar-benar dilaksanakan.

Tujuannya, untuk meningkatkan kesehatan yang terintegrasi dan menyeluruh bagi masyarakat hingga ke tingkat desa dan dusun.

Dia menjelaskan, yang dimaksud dengan integrasi layanan kesehatan primer ini adalah, mampu mengoptimalkan dan mendayagunakan posyandu sebagai salah satu jenis LKD sebagai mana amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

BACA JUGA:Ditpolairud Polda Jateng Mulai Siapkan Tim SAR di Pantura Kabupaten Pemalang

Hal ini penting dengan pertimbangan bahwa posyandu sebagai garda terdepan dari wadah layanan kesehatan dan sosial dasar lainnya sekaligus sebagai lembaga kemasyarakatan yang memiliki kedekatan dengan masyarakat. 

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Semoga dengan adanya launching ILP ini, angka stunting di Kabupaten Tegal dapat menurun," harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: