Begini Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol Ilegal, Tak Perlu Resah Diteror Debt Collector

Begini Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol Ilegal, Tak Perlu Resah Diteror Debt Collector

cara hapus data pribadi di pinjol ilegal--foto kanal9.id

DISWAY JATENG - Cara hapus data pribadi di pinjol yang ilegal penting banget untuk kalian ketahui. Karena, aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini kerap menyalahgunakan informasi-informasi tersebut untuk memeras pengguna.

Data pribadi yang dimaksud meliputi nomor kontak, lokasi, akses WiFi, foto, media sosial, e-commerce, internet banking, dan lain-lain. Tentunya ini merugikan dan mengganggu, tidak hanya untuk debitur, namun juga yang menjadi korban kontak darurat. Maka dari itu kalian perlu mengetahui cara hapus data pribadi di pinjol ilegal.

Nah, kali ini kita bakalan memberikan beberapa cara hapus data pribadi di pinjol ilegal dengan mudah. Dengan menghapus data pribadi di pinjaman online, kalian bisa menghindari risiko penyalahgunaan data dan gangguan yang tidak diinginkan. 

Tetapi sebelum kalian mengetahui cara hapus data pribadi di pinjol ilegal ini, pastikan dulu kalian sudah melunasi semua tagihal pinjaman online ya. Jangan gunakan cara-cara ini untuk kabur dari tagihan pinjaman online

Berikut Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol Ilegal

BACA JUGA:7 Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol Ilegal Terbaru 2024, Mudah dan Aman

1. Cara Menghapus Aplikasi Pinjaman Online Dari HP

Alternatif pertama untuk memastikan informasi pribadi kalian yang tidak lagi dapat diakses oleh pinjaman online adalah dengan menghapus aplikasi yang bersangkutan secara keseluruhan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  • Pilih opsi Aplikasi.
  • Cari aplikasi pinjaman online yang ingin dihapus.
  • Tap pada opsi Uninstall.
  • Aplikasi pinjaman online sudah berhasil dicopot.

2. Ajukan Permohonan Penghapusan Data Pribadi

Cara hapus data pribadi di pinjol selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan mencoba menghubungi customer service pinjaman online untuk mengajukan penghapusan data pribadi. Kalian bisa mengirim email, chat, atau telepon ke nomor yang tertera di aplikasi atau situs web pinjaman online.

BACA JUGA:147 Daftar Pinjol Ilegal yang Diblokir OJK Terbaru, Jangan Sampai Salah Mengajukan Pinjaman Online

Jelaskan bahwa kalian ingin menghapus data pribadi dari pinjaman online dan minta konfirmasi bahwa permintaan kalian sudah diproses.

Perlu diingat, aplikasi pinjaman dana yang terpercaya tentu memiliki informasi yang lengkap, bahkan hingga contact person yang jelas. Maka dari itu kalian bisa menyampaikan berbagai aduan melalui customer service.

3. Melaporkan Pinjol Ilegal ke OJK Atau Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: