Genjot Penurunan AKI, AKB dan Stunting di Kabupaten Tegal

Genjot Penurunan AKI, AKB dan Stunting di Kabupaten Tegal

SENAM - Sejumlah kader PKK mengikuti lomba senam kreasi enam langkah cuci tangan, di Pendapa Amangkurat.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal terus berupaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan kasus stunting.

Upaya maksimal juga dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tegal. Dengan menggelar lomba senam kreasi enam langkah cuci angan, di Pendapa Amangkurat.

"Lomba ini sebagai sarana sosialisasi penurunan AKI, AKB dan stunting," kata Ketua Pokja IV TP-PKK Kabupaten Tegal Endang Suprihandani.

BACA JUGA:2 Petugas Pemilu 2024 di Kabupaten Pemalang yang Meninggal Dapat Santunan Kematian

Disebutkan, lomba ini diikuti 18 tim TP-PKK Kecamatan se Kabupaten Tegal. Selain untuk menekan AKI, AKB dan stunting, kegiatan tersebut juga dalam rangka memeriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun 2024.

Tak terkecuali juga sebagai upaya pengenalan proses mencuci tangan yang dilakukan secara menyeluruh dan efektif. Sehingga kebersihan dan kesehatan dapat terjaga dengan baik.

“Dengan adanya kader PKK yang memiliki kemampuan sumber daya manusia yang unggul diharapkan dapat menjadi motivator dan fasilitator bagi masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Beri Penghargaan Tiga TK

Wakil Ketua Pokja IV TP-PKK Kabupaten Tegal Elly Novita menjelaskan, tujuan lomba ini untuk menyosialisasikan membudayakan serta meningkatkan enam langkah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Setidaknya, CTPS dapat mencegah penyebaran penyakit menular seperti fiare, cacingan, ispa, covid-19, hepatitis A, penyakit kulit dan penyakit lainnya.

Dia berujar, dari 18 peserta yang ikut dalam lomba tersebut, juara I diraih oleh TP-PKK Kecamatan Adiwerna, juara II diraih Kecamatan Balapulang dan juara III diraih Kecamatan Tarub.

BACA JUGA:Pembangunan TPA Purana Kabupaten Pemalang Terkesan Tertutup

Masing-masing pemenang lomba mendapatkan uang pembinaan, juara I sebesar Rp3.000.000, juara II Rp2.500.000 serta juara III Rp2.000.000.

Sementara itu, untuk juara harapan I diraih oleh TP-PKK Kecamatan Pangkah, harapan II diraih oleh Kecamatan Slawi dan harapan III diraih oleh Kecamatan Warureja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: