Tingkat Partisipasi Pemilih di Kota Tegal Naik Satu Persen

Tingkat Partisipasi Pemilih di Kota Tegal Naik Satu Persen

SAMBUTAN — Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memberikan sambutan.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih atau pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kota Tegal mengalami kenaikan 1,04 persen dibandingkan dengan Pemilu 2019. Pada Pemilu 2019, tingkat partisipasi pemilih sebesar 77,94 persen dan pada Pemilu 2024 kemarin meningkat menjadi 78,98 persen.

Informasi naiknya partisipasi pemilih terungkap dalam acara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kota Tegal yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal di Sebayu Convention Hall Hotel Bahari Inn Kota Tegal, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo.

BACA JUGA:Cegah TPPO dan TPPM, Imigrasi Bentuk Desa Binaan di Kabupaten Tegal

Kota Tegal memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 212.800 pemilih terdiri dari 106.317 pemilih laki-laki dan 106.483 pemilih perempuan. Dari 212.800 pemilih tersebut, jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya 168.086, terdiri dari 164.444 pemilih DPT, 2.423 pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTB), 1.219 pemilih Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Di Daerah Pemilihan Tegal Selatan, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 naik menjadi 82,80 persen dari 80,98. Di Daerah Pemilihan Margadana naik menjadi 67,58 persen dari 62,85 persen. Di Daerah Pemilihan Tegal Barat menjadi 80,92 persen dari 83,34 persen. Di Tegal Timur menjadi 82,47 persen dari 82,26 persen.

BACA JUGA:Gesit Muslimat Kabupaten Tegal Libatkan Diri Kelola Air Bersih

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, meskipun kenaikan partisipasi pemilih belum signifikan, namun Pemerintah Kota Tegal bersama KPU Kota Tegal dan pihak terkait sudah berupaya untuk mendorong kenaikan tingkat partisipasi pemilih. Bahkan sebelumnya Pemerintah Kota Tegal menargetkan capaian tingkat partisipasi pemilih di angka 80 persen.

Upaya yang dilakukan seperti melakukan sosialisasi di Jakarta untuk mengajak warga perantauan, terutama yang berasal dari Kecamatan Margadana, untuk pulang kampung dan menggunakan hak suaranya. Selain itu, mengadakan TPS unik di setiap kecamatan. Yaitu, dengan konsep Warung Tegal yang menyediakan makanan untuk pemilih yang telah menggunakan hak suaranya.

BACA JUGA:Poltek Harber Tegal Gandeng Trade and Investment Queensland

Orang nomor satu di Kota Tegal itu menyampaikan, pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Tegal secara umum berjalan kondusif dan lancar berkat kerja sama semua pihak. Wali kota selanjutnya mengajak semua pihak menjunjung sportivitas demokrasi. “Sportivitas demokrasi dijunjung untuk menciptakan suasana kondusif di Kota Tegal,” ucap wali kota. 

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tegal Elvi Yuniarni dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena secara umum pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Tegal bisa berjalan lancar. Menurut Elvi, hal tersebut berkat dukungan semua pihak, baik penyelenggara, pengawas, dan calon dari tingkat kota sampai kelurahan, termasuk media massa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: