80 Karyawan IKM LIK Takaru Ikuti Pelatihan di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal

80 Karyawan IKM LIK Takaru Ikuti Pelatihan di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal

PELATIHAN – Karyawan IKM LIK Takaru mengikuti pelatihan kompetensi di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Sebanyak 80 karyawan dari 27 Industri Kecil Menengah (IKM) di Lingkungan Industri Kecil (LIK) Takaru Tegal mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Kompetensi yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian di SMK Muhamadiyah 1 (SMK Mutu) Kota Tegal dan secara resmi dibuka.

Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Kompetensi yang diadakan selama beberapa hari ini terbagi menjadi tiga Skema Okupasi, yaitu Welding, Inspeksi, dan Machining. Adapun instruktur yang mengisi pelatihan berasal dari PT Komatsu Indonesia dan penguji sertifikasinya dari Lembaga Sertitikasi Profesi Indsutri Manufaktur Alat Berat Indonesia (IMABI). 

BACA JUGA:Resahkan Warga, Satpol PP dan Dinas Sosial Kabupaten Tegal Amankan ODGJ

SMK Mutu dipilih menjadi tempat Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Kompetensi karena setelah diverifikasi dinilai layak dijadikan sebagai tempat pelatihan, karena memiliki dari fasilitas worskhop yang memadai. SMK Mutu berharap setelah ini terjalin sinergitas sekolah dengan industri yang ada di Kota Tegal dan Kabupaten Tegal.

“Kami berharap SMK Mutu bisa menitipkan anak didiknya agar bisa ikut Praktik Kerja Lapangan di perusahaan atau industri Kota Tegal dan Kabupaten Tegal,” kata Kepala SMK Mutu Moh Ali Makmuri SE MM.

BACA JUGA:Target PBB-P2 Kabupaten Tegal Tembus Rp55 Miliar

Disampaikan Ali, tenaga kerja yang terampil dan kompeten sangat dibutuhkan dalam mendukung program prioritas Pemerintah maupun non Pemerintah. Pelatihan ini diharapkan semakin meningkatkan kompetensi tenaga kerja sehingga mampu menghasilkan produk sesuai standar industri. Selain hard skill, tenaga kerja harus memiliki karakter.

Sementara itu, Perwakilan Manajer PT Komatsu Indonesia Subiyanto MT menyampaikan, acara ini terselenggara atas kolaborasi Komatsu Group, SMK Mutu, LSP IMABI, dan BPSDMI Kementerian Perindustrian. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan menjadi trainer. “Ke depan, jika sudah kompeten bisa mengajarkan kepada yang lain,” ungkap Subiyanto.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Tegal Mulai Rekapitulasi Suara, Dijaga Ketat Aparat Kepolisian

Kepala UPTD LIK Takaru Tegal Handriyanto menyampaikan terima kasih kepada PT Komatsu Indonesia yang telah memfasilitasi dan SMK Mutu yang menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi. UPTD LIK Takaru berharap bisa terus bersinergi untuk meningkatkan sumber daya manusia industri Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. 

“Dengan pelatihan ini peserta bisa mendapatkan peningkatkan kompetensinya,” ujar Handriyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: