Kegiatan Lapangan Wisata, Bentuk Siswa di Kabupaten Pemalang Berkarakter dan Disiplin

Kegiatan Lapangan Wisata, Bentuk Siswa di Kabupaten Pemalang Berkarakter dan Disiplin

LATIHAN - Sejumlah pelajar SMP mengikuti kegiatan lapangan wisata untuk membentuk karakter dan disiplin pada siswa.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Kodim 0711 Pemalang menggelar kegiatan lapangan wisata di Obyektif Wisata Jambe Kembar Belik, kemarin.  Kegiatan tersebut untuk memberikan pendidikan karakter kepada pelajar SMP.

Pendidikan karakter menjadi rupanya menjadi fokus utama dalam kurikulum pendidikan saat ini. Peningkatan kualitas karakter siswa tentunya tidak cukup dilakukan di kelas saat belajar. 

BACA JUGA:Mahasiswa Internasional Belajar Leadership di Pascasarjana UPS Tegal

Sehingga harus dilakukan melalui kegiatan di luar kelas.  Seperti kegiatan lapangan, terutama kegiatan lapangan wisata yang memadukan antara materi pembelajaran dengan kegiatan rekreasi.

Kegiatan lapangan wisata ini Dipandu oleh Serma Indra Haryanto, Sertu Fathurizal dan Komcad Irfan. Serta guru pembimbing dari SMP Negeri 1 Bantarbolang. Adapun materinya  kegiatan PBB dan sebagainya.

BACA JUGA:Musrenbang Pendidikan Disdikbud Kota Tegal Hasilkan 90 Usulan

Pemandu Kegiatan Lapangan Wisata Kodim 0711 Pemalang Serma Indra Haryanto mengatakan,  kegiatan lapangan wisata Jambe Kembar Latihan Dasar kepemimpinan (LDK) memberikan pengalaman baru bagi peserta dalam mengenal dan mempelajari PBB. Menurutnya, hal itu sangat dibutuhkan, karena PBB tidak diajarkan secara formal di sekolah-sekolah. 

Selain itu, terdapat makna yang dalam, dari kegiatan latihan dasar kepemimpinan. Yaitu melatih kedisiplinan, kebersamaan, dan kekuatan mental.

BACA JUGA:Desa Prupuk Utara Kabupaten Tegal Terendam Banjir hingga 2,5 Meter

"Melalui kegiatan lapangan wisata seperti Jambe Kembar LDK seperti ini, siswa diharapkan akan mendapatkan pengalaman berharga dan pelajaran. Baik itu  pengetahuan maupun keterampilan,"katanya.

Guru pendamping SMP Negeri 1 Bantarbolang  Neli menambahkan, kegiatan lapangan wisata ini dapat dijadikan roll model pembelajaran baru yang berorientasi pada karakter, keterampilan sosial, dan pengalaman langsung. Harapannya kegiatan seperti ini dapat diadopsi oleh sekolah-sekolah lainnya. 

BACA JUGA:Peserta ISM 2024 UPS Tegal Menginap di Rumah Warga Lokal

"Kepemimpinan dapat tumbuh dan berkembang melalui latihan dan pengalaman. Sehingga secara tidak langsung meningkatkan karakter siswa agar menjadi pribadi yang unggul dalam aspek kepemimpinan dan sosial,"paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: