Kenali Penyebab Anemia. Berikut 8 Jenis Anemia dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Anemia. Berikut 8 Jenis Anemia dan Cara Mengatasinya

Gejala dan cara mengatasi anemia-Halodoc-

DISWAYJATENG - Kurang darah atau anemia adalah suatu masalah kesehatan yang sering terjadi. Ini terjadi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih renda. Namun, tidak usah khawatir, ada beberapa cara mengatasi anemia dengan tepat.

Gejala umum anemia meliputi kelelahan, sakit kepala, dan sesak napas. Ini dapat dialami oleh semua orang, terutama perempuan yang sedang menstruasi. Cara mengatasi anemia dengan tepat banyak berbagai langkah, tapi yang jelas anemia terjadi karena kurangnya asupan nutrisi.

Jika kamu sering mengalami ini, berikut informasi mengenai anemia atau kurang darah yang dapat membantu, mari simak! PErlu tahu juga cara mengatasi anemia dengan tepat.

Sebelum kita mencari tahu apa saja penyebab, jenis dan cara mengatasi anemia dengan tepat, ada baiknya kita cari tahu terlebih dahulu pengertian dari anemia di bawah ini

BACA JUGA:10 Rekomendasi Buah untuk Obat Anemia, Salah Satunya Buah Sitrus Jeruk dan Lemon

Apa itu Anemia (Kurang Darah)?

Anemia merupakan gangguan darah yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah atau ketidakberfungsian sel darah merah dengan baik.

BACA JUGA:6 Jenis Sayuran Penambah Darah, Cara Paling Efektif untuk Mengatasi Penyakit Anemia

Sel darah merah mengandung protein ber-zat besi yang disebut hemoglobin. Hemoglobin berfungsi untuk membawa oksigen ke sel-sel tubuh.

Saat anemia, jumlah sel darah merah dan hemoglobin berkurang, menyebabkan oksigen tidak tersuplai dengan baik, membuat penderita merasa lemas dan pucat.

Normalnya, orang dewasa menderita anemia jika kadar hemoglobinnya di bawah 14 gram per desiliter pada pria dan 12 gram per desiliter untuk wanita.

Jenis Anemia (Kurang Darah)

Anemia terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya:

BACA JUGA:Remaja Putri Berpotensi Terkena Anemia, Berikut 3 Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: