13 Mahasiswa Asing Peserta ISM 2024 Belajar Membatik di UPS Tegal

13 Mahasiswa Asing Peserta ISM 2024 Belajar Membatik di UPS Tegal

MEMBATIK – Salah satu mahasiswa asing peserta ISM 2024 yang diadakan UPS Tegal belajar membatik di Batik Center Bengle.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, TEGAL – Sebanyak 13 mahasiswa luar negeri dan puluhan mahasiswa dari dalam negeri peserta International Student Mobility (ISM) 2024 yang diselenggarakan Universitas Pancasakti Tegal (UPS) mengikuti Cultural Visit dengan berkunjung ke Batik Center Bengle yang berada di Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal. 

Di sana, mereka belajar membatik secara langsung sekaligus mengetahui proses pewarnaan batik, baik batik tulis maupun batik cap. Para peserta mengaku senang bisa mencoba secara langsung cara membatik dan akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Salah satunya, Shreya Srinivas, mahasiswa luar negeri dari Jurusan Desain yang berasal RV University India.

BACA JUGA:Raperda Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama di Kota Tegal Siap Ditetapkan

“Ini pengalaman pertama dan tidak akan terlupakan. Saya rasa kain batik membedakan antara orang Indonesia dan orang luar negeri. Menjadi ciri khas tersendiri. Saya mengagumi batik karena dihasilkan dengan proses panjang namun hasilnya indah,” ucap Shreya mengungkapkan kesan yang disampaikan dalam Bahasa Inggris.

ISM 2024  dibuka secara resmi oleh Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum. Kegiatan diikuti 13 mahasiswa luar negeri dari berbagai negara dan 47 mahasiswa dalam negeri dari berbagai kampus. 13 mahasiswa luar negeri tersebut berasal dari Uzbekistan, India, Ghana, Tanzania, Mesir, Srilanka dan Kazakstan. 

BACA JUGA:DPPKBP2PA Kota Tegal Jalankan Program Bantuan Telur Cegah Stunting

Sedangkan 47 mahasiswa dalam negeri berasal dari Universitas Muhamadiyah Semarang, Universitas Muhamadiyah Purwokerto, Universitas Nahdlatul Ulama Jepara, Universitas Bhamada Slawi, Universitas Semarang, Universitas Peradaban, STIE Totalwin Semarang, ITB Widya Gama Lumajang, Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta.

Kemudian, Universitas Muhadi Setiabudi, Universitas Pekalongan, UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan, dan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Peserta ISM 2024 sebelumnya mengikuti Sit In Program berupa Workshop di FKIP UPS, FEB UPS, dan Pascasarjana UPS, serta menanam mangrove bersama FPIK UPS. Cultural Visit berikutnya dilakukan ke Vihara Slawi.  

BACA JUGA:Pemerintah Kota Tegal Diminta Kendalikan Pertumbuhan Minimarket

“Peserta ISM 2024 berkunjung ke Batik Center Bengle agar memiliki pengalaman dan wawasan kebudayaan Indonesia, khususnya Tegal, yakni Batik Tegalan. Kemudian, ke Vihara Slawi agar memiliki pengetahuan tentang kebhinekaan di Tegal yang terdiri dari berbagai macam etnis dan agama,” kata Kepala UPT Kerja Sama dan Urusan Internasional UPS Ihda Rosdiana MHum.

Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum saat membuka ISM 2024 menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta dan berpesan menjunjung sportivitas. “Saya berharap nantinya akan bergantian mengadakan event internasional tersebut. Program ini diawali dan akan menjadi agenda UPS untuk menjadi kampus berkelas internasional,” ujar Taufiq. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: