326 Pramuka Ikuti Pesta Siaga Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal

326 Pramuka Ikuti Pesta Siaga Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal

MEMBUKA - Mabiran Tegal Barat yang juga Camat Tegal Barat Edy Sudirman membuka Pesta Siaga.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Sebanyak 326 Pramuka Siaga dari 41 pangkalan SDN dan swasta mengikuti pesta siaga di Kampus PGSD Unnes UPP Tegal. Kegiatan tersebut digelar Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Tegal Barat dengan mengusung tema ‘Siaga Cerdas,Tangkas, dan Ceria’. pesta siaga dibuka Ketua Mabiran Tegal Barat Edy Sudirman selaku Camat Tegal Barat. 

Lomba Pesta Siaga Kwarran Tegal Barat tersebut terdiri dari sepuluh jenis taman yang dimainkan antara lain taman agama, Tanda pengenal pramuka, scouting skill, baris-berbaris, seni budaya, pegetahuan umum. Siaga hebat, permainan semprengan, bumbung darma siaga dan ketangkasan bermain kelereng.

BACA JUGA:Rapat Pleno Rekapitulasi Kecamatan Margadana Kota Tegal Selesai, 7 Caleg Diprediksi Masuk DPRD

"Taman yang menarik perhatian adalah ketangkasan bermain kelereng. Anak-anak yang hidup di jaman teknologi ini berusaha menaklukan sasaran tembakan kelereng. Dalam sebuah permainan dengan aturan yang ditentukan," kata Ketua Kwartir Ranting Tegal Barat Edy Purwanto.

Selain itu, ada pula taman menarik lainnya berupa permainan semprengan yang jika diartikan dalam bahasa Tegal  adalah dolanan sumpringan. Kedua taman ini mengenalkan peserta kearifan lokal lewat kedua permainan tradisional ini. Peserta juga diajak mengenal nama kesenian dari daerah sekitar yang ada di wilayah eks Karesidenan Pekalongan.

BACA JUGA:Pemerintah Kota Tegal Diminta Kendalikan Pertumbuhan Minimarket

Menariknya lagi, Pesta Siaga Kwartir Ranting Tegal Barat ini diadakan di Kampus PGSD Unnes UPP Tegal. Sebagian besar pembina pendamping, ketua mabigus, juri dan panitia. Pernah mengenyam pendidikan di kampus tersebut.

Hasil perolehan kejuaraan barung Putra, tergiat I dari Pangkalan SD Tegalsari 1, tergiat II SD Pekauman 7,tergiat III SD Tegalsari 6. Sedangkan perolehan kejuaraan barung putri, tergiat I SD Tegalsari 3, Tergiat II SD Tegalsari 4, dan tergiat III SD Kemandungan 3. Keenam barung ini akan bertanding kembali di tingkat Kwartir Cabang Kota Tegal.

"Kami berharap besar pada keenam barung yang akan bertanding agar dapat kembali berbicara di tingkat kota. Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: