Penyebab Anemia: Memahami Faktor Resiko dan Penyebab Utama

Penyebab Anemia: Memahami Faktor Resiko dan Penyebab Utama

penyebab anemia: memahami faktor resiko dan penyebab utama--https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.suarasurabaya.net%2Fsenggang%2F2021%2Fanemia-dapat-sebabkan-sejumlah-persoalan-gizi%2F&psig=AOvVaw0fqabhGHKpJcJbx9_euwdQ&ust=1708924282977000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CBIQjRxqFwoTCMiI1Jfd

DISWAY JATENG – Anemia adalah kondisi medis yang umum dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat. Penyebab anemia bisa bervariasi, dan penting bagi kita untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan munculnya anemia serta tahu cara mengatasi anemia dengan tepat.

Beberapa penyebab utama anemia meliputi kekurangan zat besi, vitamin B12, asam folat, pendarahan yang berlebihan serta menstruasi yang berat. Selain penyebabnya, kita juga perlu tahu cara mengatasi anemia dengan tepat.

Penyakit kronis seperti kanker, gagal ginjal dan penyakit autoimun juga bisa menjadi penyebab anemia. Kemudian, factor-faktor genetic seperti thalassemia dan anemia sel sabit juga dapat menjadi penyebab anemia. Anda perlu tahu juga cara mengatasi anemia dengan tepat agar bisa mencegah atau mengobatinya. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang beberapa faktor menyebab anemia. Sehingga anda dapat menghindari dan mencegah terkena penyakit anemia dengan cara mengatasi anemia dengan tepat.

BACA JUGA:Langkah-Langkah Efektif yang Harus Anda Ketahui Tentang Mengatasi Anemia

Penyebab Utama Anemia:

Kekurangan Nutrisi

Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi tertentu yang diperlukan untuk produksi del darah merah. Ini termasuk zat besi, vitamin B12, dan asam folat Dimana nutrisi tersebut menjadi faktor utama yang memproduksi sel darah merah.

Kekurangan nutrisi ini bisa disebabkan oleh diet yang tidak seimbang atau kondisi medis tertentu yang mempengaruhi penyerapan nutrisi. Anda dapat memenuhi asupan nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi daging merah, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan biji-bijian utuh.

Kehilangan Darah

Kehilangan darah yang terlalu banyak, baik karena cedera, operasi, atau menstruasi dapat menjadi penyebab anemia. Tubuh mungkin tidak mampu menggantikan sel darah merah yang hilang dengan cepat, sehingga menyebabkan anemia.

Beberapa cara yang digunakan untuk menambah darah dalam tubuh yaitu dengan tranfusi darah. Cara mengatasi anemia dengan tepat lainnya adalah dengan mengonsumsi suplemen yang dapat menambah sel darah merah dalam tubuh.

BACA JUGA:Kenali Jenis, Penyebab dan Tips Atasi Anemia Ampuh saat Hamil Trimester 1

Penyakit Kronis

Penyebab anemia yang selanjutnya yaitu dapat disebabkan oleh penyakit kronis. Beberapa penyakit kronis seperti kanker, HIV/AIDS, penyakit ginjal, dan penyakit autoimun dapat mengganggu produksi sel darah merah dan menyebabkan anemia.

Jika anda memiliki penyakit kronis tersebut, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi anda.

Gangguan Sumsum Tulang

Beberapa kondisi penyakit dapat merusak sumsum tulang, tempat sel darah merah diproduksi dan menyebabkan anemia. Contoh kondisi ini termasuk leukimia, mielodisplasia, dan beberapa obat atau terapi radiasi.

Factor Genetik

Beberapa jenis anemia, seperti anemia sel sabit dan talasemia, disebabkan oleh factor genetic. Orang yang mewarisi gen abnormal dari orang tua mereka dapat menderita jenis anemia ini.

Anda dapat bertanya pada orang tua anda jika mereka memiliki penyakit turunan anemia. Sehingga anda bisa mencegah anemia sejak dini agar tak diteruskan ke anda serta bisa mengatasi anemia dengan tepat.

Itulah beberapa penyebab utama anemia yang harus kamu tahu. Penting untuk diingat bahwa anemia bisa disebabkan oleh berbagai factor, dan seringkali lebih dari satu factor berkontribusi pada kondisi ini. Penting juga untuk tahu cara mengatasi anemia dengan tepat. 

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Anemia dengan Buah dan Sayuran, Efektif Meningkatkan Tekanan Darah dengan Cepat

Jika kamu khawatir kamu terkena anemia, segera hubungi alhi Kesehatan atau dokter. Mereka dapat melakukan tes untuk menentukan penyebab anemia dan merencanakan perawatan yang sesuai.

Dengan memahami penyebab anemia, kamu dapat mengambil Langkah-langkah untuk mengatasi anemia dengan tepat. Jaga Kesehatan kamu dengan diet seimbang, rutin melakukan pemeriksaan Kesehatan, dan selalu berkonsultasi dengan dokter jika kamu merasa tidak sehat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: