5 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Ampuh dan Efektif

5 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Ampuh dan Efektif

Cara melunasi hutang pinjol--

Apabila saat ini memiliki dana darurat berupa tabungan, maka debitur bisa menggunakanya untuk membayar utang. Bagi Anda yang memiliki tagihan dan belum ada uang lebih, bisa menggunakan cara kedua ini.

3. Lakukan Analisis Keuangan

Cara melunasi hutang pinjol sebaiknya dilakukan sebelum mengajukan pinjaman. Hal ini bertujuan supaya debitur terhindar dari galbay.

BACA JUGA:Ini Bahaya Pinjol Tanpa KTP yang Dirahasiakan Penyedia Pinjaman Ilegal, Pahami Sebelum Mengajukan

Karena itu, seharusnya peminjam menghitung berapa uang yang akan dialokasikan untuk bayar utang pinjol. Dengan persiapan yang matang dan perencanaan uang baik, melunasi utang bukan lagi menjadi masalah.

4. Hindari Mengajukan Pinjaman Lagi

Pada proses melunasi utang pinjaman online, sebaiknya jangan ajukan pinjaman lagi untuk menutup utang sebelumnya. Hal ini hanya akan mempersulit debitur untuk keluar dari jeratan pinjol.

5. Konsisten Bayar Setiap Bulannya

Untuk melunasi hutang pinjaman online secara penuh yakni dibutuhkan sikap konsisten dari debitur. Anda bisa melakukan pembayaran tagihan jauh sebelum jatuh tempo, hal ini justru lebih baik untuk menghindari bunga atau denda.

Risiko Jika Nekat Tidak Bayar Utang Pinjol

Setelah mengetahui beberapa cara melunasi tagihan pinjaman online, Anda juga perlu tahu risiko jika tidak bayar utang. Berikut beberapa risiko di antaranya:

BACA JUGA:Daerah Luar Jawa Apakah Bisa Ditagih DC Lapangan Pinjol Jika Nasabah Galbay? Begini Penjelasannya

  • Apabila Anda menunda atau tidak membayar tagihan, tentu saja bunga akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengajukan perpanjangan tenor untuk meringankan bunga.

Demikian informasi seputar cara melunasi hutang pinjol dan risiko apabila nekat tidak bayar. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: