6 Tips Menghadapi DC Lapangan Pinjol yang Agresif saat Menagih Utang, Nasabah Galbay Gak Perlu Panik

6 Tips Menghadapi DC Lapangan Pinjol yang Agresif saat Menagih Utang, Nasabah Galbay Gak Perlu Panik

Tips menghadapi DC lapangan pinjol yang agresif--

4. Buat Catatan

Tips menghadapi DC lapangan pinjol yang agresif berikutnya yakni membuat catatan terkait kedatangan penagih. Nasabah dapat mencatat semua interaksi dengan debt collector seperti tanggal, wakti, nama penagih, dan rekam isi percakapan.

Hal ini bertujuan supaya membantu nasabah mendapatkan bukti jika DC pinjol melakukan pelanggaran. Selain itu, ini menjadi dokumen pendukung laporan yang kuat apabila penagihan dilakukan dengan cara tidak sah.

5. Laporkan Pelanggaran Penagihan yang Tidak Etis

Apabila Anda mengalami penagihan yang tidak sesuai aturan seperti teror, intimidasi, atau ancaman segera laporkan. Anda bisa melaporkannya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), AFPI, atau Polisi.

BACA JUGA:Daerah Luar Jawa Apakah Bisa Ditagih DC Lapangan Pinjol Jika Nasabah Galbay? Begini Penjelasannya

Seperti yang sudah dijelaskan di poin ke empat, bukti pendukung juga diperlukan supaya laporanmu kuat. Dengan ini, penyelenggara pinjol bisa kena hukum yang berlaku.

6. Rundingan Mengenai Solusi Pembayaran Utang

Apabila utang dapat diverifikasi, maka nasabah bisa ajukan proposal pembayaran utang sesuai kemampuan keuangan. Umumnya pihak penagih dapat mempertimbangkan kesepakatan tersebut dengan syarat yang lebih fleksibel.

Untuk menghadapi debt collector memang butuh ketenangan dan jangan sampai panik. Demikian tips menghadapi DC lapangan pinjol yang agresif supaya tidak terjadi hal merugikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: