Bingung Antara Minyak Zaitun Biasa dan Minyak Zaitun Ekstra Virgin? Yuk Simak Perbedaannya Disini!

Bingung Antara Minyak Zaitun Biasa dan Minyak Zaitun Ekstra Virgin? Yuk Simak Perbedaannya Disini!

perbedaan antara minyak zaitun biasa dengan minyak zaitun ekstra virgin--https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fgayasehatku.com%2Fperbandingan-minyak-zaitun-biasa-atau-extra-virgin-olive-oil%2F&psig=AOvVaw1vfeXgdOilGL6AqLaZgWox&ust=1708513235258000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CBIQjRxqFwoTCPC7jfXhuYQDFQAAA

DISWAY JATENG – Seringkali kita sulit membedakan antara minyak zaitun biasa dan minyak zaitun ekstra virgin. Banyak rekomendasi untuk menggunakan minyak zaitun ekstra virgin karena lebih bagus dan mengandung banyak nutrisi.

Namun, kita tak mengetahui apa itu minyak zaitun ekstra virgin dan minyak zaitun biasa. Minyak zaitun adalah minyak yang diekstrasi dari buah zaitun, yang memiliki nama ilmiah olea europaea.

Minyak zaitun terkenal karena kandungan lemak tak jenuh tunggalnya yang tinggi, terutama asam lemak oleat. Lemak tak jenuh ini dipercaya dapat memberikan manfaat Kesehatan yang beragam termasuk menjaga Kesehatan jantung hingga untuk kulit.

Perbedaan antara minyak zaitun biasa dan minyak zaitun ekstra virgin terletak pada kualitas dan proses produksinya. Berikut penjelasan beberapa perbedaan antara minyak zaitun biasa dengan minyak zaitun ekstra virgin.

BACA JUGA:4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah, Ampuh Cegah Tanda Penuaan di Usia 40 Tahunan

Minyak Zaitun Biasa

Minyak zaitun biasa adalah minyak yang dihasilkan dari proses pengolahan yang melibatkan pemanasan dan penggunaan bahan kimia untuk menghilangkan keasaman dan meningkatkan volume produksi. Minyak zaitun biasa memiliki rasa dan aroma yang lebih netral, serta kandungan nutrisi yang lebih rendah.

Selain itu, minyak zaitun biasa memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak zaitun ekstra virgin. Minyak zaitun biasa umumnya banyak dijual di pasaran dengan berbagai kemasan dan manfaat.

BACA JUGA:Manfaat Minyak Zaitun untuk Wanita Usia 40 Tahun, Salah Satunya Atasi Kulit Kusam

Minyak Zaitun Ekstra Virgin

Minyak zaitun ekstra virgin adalah minyak yang dihasilkan melalui proses ekstrasi yang lebih alami dan tidak melibatkan pemanasan atau penggunaan bahan kimia. Minyak zaitu ekstra virgin diperoleh langsung dari buah zaitun dengan proses penekanan atau penggilingan, tanpa melalui proses yang intensif.

Tingkat keasaman minyak zaitun ekstra virgin kurang dari 0.8%, Dimana sangat rendah dibandingkan dengan minyak zaitun biasa yang Tingkat keasamannya lebih tinggi.

Karena proses produksinya yang lebih alami, minyak zaitun ekstra virgin memiliki rasa dan aroma yang lebih kaya, yang memungkinkan rasa dan aroma alami buah zaitun tetap terjaga.

Selain itu, minyak zaitun ekstra virgin juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Nutrisi tersebut termasuk antoksidan dan kandungan vitamin E yang tinggi.

Minyak zaitun ekstra virgin mengandung lebih banyak antioksidan dan vitamin E serta polifenol. Nutrisi ini memberikan manfaat Kesehatan yang lebih besar, seperti melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi penyakit jantung.

Harga

Minyak zaitun ekstra virgin biasanya lebih mahal daripada minyak zaitun biasa. Hal ini disebabkan oleh proses produksinya yang lebih alami dan kualitasnya yang lebih tinggi. Minyak zaitun ekstra virgin juga lebih langka karena hanya diperoleh dari buah zaitun yang berkualitas tinggi.

Minyak zaitun ekstra virgin umumnya dianggap sebagai kualitas tertinggi dalam minyak zaitun. Selain itu minyak zaitun ekstra virgin sering digunakan untuk konsumsi langsung atau sebagai bahan dalam masakan atau hidangan.

Minyak zaitun biasa biasanya digunakan dalam proses memasak yang membutuhkan pemanasan dengan suhu tinggi.

BACA JUGA:Rahasia Glowing di Usia 40 Tahun dengan manfaat Minyak Zaitun, Ini Tips Ampuh untuk Wajah Bercahaya

Penting untuk memperhatikan kualitas minyak zaitun yang digunakan, terutama jika digunakanuk perwatan kulit atau dikonsumsi. Memilih minyak zaitun ekstra virgin berkualitas tinggi akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi Kesehatan dan kecantikan kulit anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: