Aturan OJK Terkait DC Lapangan Pinjol yang Datang Setiap Hari, Apakah Boleh? Simak Penjelasannya

Aturan OJK Terkait DC Lapangan Pinjol yang Datang Setiap Hari, Apakah Boleh? Simak Penjelasannya

DC lapangan pinjol datang ke rumah setiap hari apakah boleh?--

Langkah yang pertama jika debt collector (DC) datang ke rumah yakni lakukan komunikasi dengan baik. Anda dapat menyampaikan beberapa data utang dan buat perjanjian pembayaran supaya penagih tidak lagi datang ke rumah.

2. Dokumentasikan

Langkah berikutnya yaitu dokumentasikan setiap interaksi dengan DC lapangan, termasuk tanggal, jam, dan rekaman percakapan. Hal ini dapat bertujuan untuk mengajukan keluhan atau melaporkan tindakan jika debt collector melakukan kekerasan.

3. Konsultasi dengan Otoritas Terkait

Apabila Anda mengalami tindakan dari debt collector yang tidak sesuai dengan aturan etika berlaku. Maka Anda bisa menghubungi pihak berwenang seperti OJK atau AFPI untuk melapotkan masalah tersebut.

BACA JUGA:65 Pinjol Ilegal Tanpa KTP yang Tidak Perlu Dibayar dan Aman untuk Galbay

4. Laporkan ke Lembaga Perlindungan Jika Diperlakukan Kasar

Tindakan yang menyalahi aturan penagihan dapat ditindaklanjuti ke jalur hukum. Anda bisa menyertakan bukti seperti isi chat, rekam suara, vidio, dan lainnya untuk menguatkan laporan.

Jika sudah laporkan ke Satgas Waspada Investigasi (SWI) di pengaduan OJK. Dengan ini, mereka dapat memberikan panduan dan mungkin intervensi jika diperlukan.

Aturan yang Dapat Menjerat DC Lapangan Jika Melanggar Hukum

Jika DC lapangan pinjol melanggar aturan penagihan apakah bisa dijerat pidana? Teror dari debt collector dengan menyalahgunakan data dapat dikenai pidana yang sudah tercantum dalam UUD.

Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 juncto UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Terkait akses ilegal data pribadi dapat dijerat Pasal 32 ayat (2) juncto Pasal 48 ayat (2) UU No. 11 Tahun 2008 juncto UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Pasal 32 ayat (2):

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun memindahkan atau mentransfer Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik kepada Sistem Elektronik Orang lain yang tidak berhak.

BACA JUGA:Daftar 50 Pinjol Ilegal Tanpa DC Lapangan Aman untuk Galbay Terbaru 2024

Sanksinya diatur dalam Pasal 48:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: