Pemilu di Jawa Tengah Berjalan dengan Lancar

Pemilu di Jawa Tengah Berjalan dengan Lancar

COBLOSAN - PJ Gubernur Jawa Tengah melakukan pencoblosan.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, SEMARANG – Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melakukan tinjauan pelaksanaan pemilu 2024 di wilayahnya pada Rabu, 14 Februari 2024. 

Berdasarkan tinjauannya, pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah daerah berjalan lancar. 

Usai memberikan suaranya di TPS 002 Gajahmungkur, Kota Semarang, Nana melakukan pantauan TPS 10 Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang dan TPS 016 Desa Cangkringan, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal.

BACA JUGA:MPP Alaya Sewagati Kota Tegal Resmi Diluncurkan

Nana mengatakan, di TPS 10, jumlah DPT nya sebanyak 270 pemilih. Pada pukul 10.40 WIB, sebanyak 136 orang sudah melakukan pencoblosan. Sementara di TPS 016 Desa Cangkringan Kecamatan Weleri Kendal, dari total 270 pemilih, pada pukul 11.45 WIB, sudah 73% yang memberikan hak piliih. 

"Ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu," tutur  Nana. 

BACA JUGA:SD Negeri Mintaragen 1 Kota Tegal Adakan Seminar Parenting

Nana mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah maupun masyarakat, dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024. Seperti halnya lomba TPS unik yang diselenggarakan Pemkot Semarang sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Ia mencontohkan, di TPS 10 Sambirejo Semarang yang mengusung konsep resepsi pernikahan. Para pemilih yang datang ke TPS 10 Sambirejo seolah berada di tempat orang hajatan, lengkap dengan aneka menu prasmanan dan petugas TPS yang mengenakan pakaian adat. Usai mencoblos, para pemilih bisa menikmati aneka menu makanan khas resepsi pernikahan yang disediakan petugas KPPS. 

BACA JUGA:Akreditasi, Diploma III Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Targetkan Unggul

"Ini suatu hal yang menarik yang diinisiasi Wali Kota Semarang. TPS-TPS unik ini dilombakan dan diberi hadiah,” kata Nana. 

Di tempat terpisah, di TPS 016 Desa Cangkringan, Kecamatan Weleri, Kabupaten  Kendal, seluruh KPPS nya mengenakan baju adat, sehingga memberikan kesan semangat Bhinneka Tunggal Ika. 

BACA JUGA:Kejuaraan Olahraga Sambut Dies Natalis ke-44 FKIP UPS Tegal

Sementara itu, Ketua KPPS TPS 002 Kelurahan Gajahmungkur, Kota Semarang, Prahanto Yudo mengatakan, meski hujan deras sempat mengguyur, antusiasme warga untuk mencoblos di TPS 002 cukup tinggi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: