Wali Kota Tegal Minta agar Warga Tampilkan TPS yang Unik

Wali Kota Tegal Minta agar Warga Tampilkan TPS yang Unik

ARAHAN-Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Ketua Komisi KPU Elvi Yuniarni dan Ketua Bawaslu memberikan arahan.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id --

DISWAYJATENG, TEGAL - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono meminta adanya Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tegal untuk tampil unik atau nyentrik. Tujuannya untuk mempromosikan Kota Tegal dan agar warga tertarik untuk datang dan mencoblos di TPS. Sebelumnya Wali Kota saat Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Kecamatan Tegal Selatan. Meminta setiap kelurahan ada TPS unik. Namun atas kesepakatan dengan perwakilan warga, akhirnya TPS minimal ada satu di setiap kecamatan. Keputusan tersebut diambil saat memberikan arahan pada rapat koordinasi (rakor) konsolidasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlangsung di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota. 

"Saya minta partisipasinya pada tanggal 14 Februari 2024 beberapa TPS di setiap kelurahan ada yang unik dan nyentrik paling tidak nanti ada TPS kita saat pemilu, bahwa Kota Tegal bisa menjadi salah satu sorotan nasional," ujar Dedy Yon pada saat mengawali arahannya.

BACA JUGA:Jembatan Sungai Erang Cilongok Kabupaten Tegal Longsor, Terancam Putus

Dalam rapat tersebut pihaknya juga mengundang para pelaku usaha seperti pengusaha warteg, pemilik salon, babershop, penata rias, dan pijat refleksi untuk ikut berdiskusi dalam pembentukan TPS unik. Selain itu pihaknya mengharapkan pada Pemilu 2024 partisipasi masyarakat yang berangkat ke TPS besar dan bisa meminimkan pelanggaran pemilu agar tercipta pemilu yang sejuk dan damai.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Elvi Yuniarni dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bapak Wali Kota Tegal atas inovasinya dalam menggagas TPS unik. Adanya TPS unik di masing-masing kelurahan adalah hal yang menarik dan harus ada sesuatu yang berbeda agar dikenal akan tetapi berbeda dalam hal yang positif dan sesuai dengan aturan yang ada.

BACA JUGA:Dukung Upaya Mengatasi Perubahan Iklim di Kabupaten Tegal

"Kami mohon kepada PPK dan PPS agar tetap mengawal dan bersinergi dengan Bapak/Ibu camat yang ada di Kota Tegal. Saya harapkan rekan-rekan jangan meninggalkan pemangku-pemangku di daerahnya," ujar Elvi.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Tegal, Fauzan Hamid mengamati.

BACA JUGA:Audiensi Warga Dawuhan Kabupaten Tegal Membahas Perbaikan Jalan Antardesa

bahwa dalam membuat TPS yang unik selagi itu tidak melanggar aturan dan tidak melanggar juknis yang ada itu sah-sah aja.

"Dan perlu diperhatikan dari rekan pengawas TPS yang ditunjuk di TPS unik, untuk identitas dari pengawas TPS tidak boleh lepas karena dari pengawas TPS sudah diseragamkan oleh Bawaslu RI untuk wajib dikenakan," ujar Fauzan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: