BPBD Kabupaten Tegal Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir

BPBD Kabupaten Tegal Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir

BANTUAN - Relawan PB mennggelontorkan bantuan permakanan untuk korban banjir Sidaharja.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Aksi koordinasi cepat dilakukan BPBD Kabupaten Tega.l Melakukan assesmen bantuan permakanan bagi korban banjir di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi.

Rendaman banjir sendiri terjadi pada Sabtu (10/2) sekitar pukul 06.00 WIB seiring meluapanya Sungai Cacaban. Yang memicu banjir di Desa Sidaharja Kecamatan Suradadi dengan ketinggian 30 samapi 100 sentimeter 

BACA JUGA:Gandeng Poltek Harber Tegal, LLDIKTI Wilayah VI Bahas Optimalisasi Website Institusi

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah SIP MM menyatakan, rendaman banjir sempat menghambat akses jalan Jatibogor menuju Desa Sidaharja. 

Begitu mendapatkan laporan kejadian,  BPBD langsung bentuk dapur umum.

"Merunkan bantuan permakanan dengan menggandeng dunia usaha, seperti  Alfamart, produk telor Margasari , Dinas Sosial ,dan Baznas," ujarnya, Minggu (11/2).

BACA JUGA:Personel Polres Pemalang Bersihkan Material Tanah Longsor di Desa Pedagung

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan warga terdampak. Koordinasi dengan pihak pemdes terkait dengan area terdampak dan kebutuhan mendesak sempat dilakukan.

"Kami berkolaborasi dengan TNI-Polri, Pemdes Sidaharja dan Relawan penanggulangan bencana," cetusnya.

Dari data yang diperoleh kawaswan terdampak banjir di RW 02 hingga RW 08 dengan kurang lebih 1.411 KK atau 1050 rumah. Saat ini kondisi sudah mulai membaik dengan surutnya air. Pihaknya selalu berupaya mengedukasi warga yang berdomisili di daerah rawan bencana dengan mengenali ancamannya dan kurangi risikonya. 

"Sadar, siaga, tanggal dan siap untuk selamat serta bersinergi dalam menghadapi bencana," ungkapnya. (her/adv) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: