4 Tips Ampuh Hadapi DC Pinjol Lapangan, Ternyata Begini Caranya!

4 Tips Ampuh Hadapi DC Pinjol Lapangan, Ternyata Begini Caranya!

Tips Ampuh Hadapi DC Pinjol Lapangan Terbaru 2024--Ist

DISWAY JATENG - Berikut ulasan informasi mengenai tips ampuh hadapi DC pinjol lapangan yang perlu Anda ketahui agar tak khawatir akan ancaman teror. Pasalnya, banyak sekali yang khawatir penagihan tidak sesuai aturan ketika menunggak pembayaran.

Oleh karena itu, rekomendasi tips hindari DC pinjol lapangan ini bisa membantu kamu agar cepat keluar dari jeratan bahaya buruk yang akan terjadi di kemudian hari akibat pinjaman online.

DC pinjol lapangan sendiri merupakan sebuah profesi yang paling ditakuti masyarakat yang menggunakan layanan pinjaman online jika sedang mengalami galbay maupun telat bayar.

Oleh karenanya, sebelum anda mengakses layanan pinjaman online sebaiknya untuk melakukan pengecekan secara berkala pada situs resmi OJK tentang daftar pinjol legal terbaru yang telah dilengkapi izin dan terverifikasi pada 2024.

BACA JUGA:4 Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah yang Paling Banyak Diserbu Anak Muda

Terdapat beberapa cara untuk menghadapi DC Pinjol lapangan agar anda merasa aman dari ancaman teror agar bisa menjalankan hidup dengan damai.

Informasi berikut menarik untuk anda simak jika menjadi salah satu nasabah galbay, berikut tips atasi DC pinjol terbaru 2024 tanpa khawatir ribut, yakni:

1. Tanyakan Identitas DC Pinjol

Pada saat rumah anda didatangi DC pinjol, hal yang pertama dilakukan yakni menanyakan identitas secara baik dan sopan tanpa perlu ribut.

Menanyakan identitas tersebut nantinya anda bakal mengetahui legal atau tidaknya lembaga penyedia pinjol yang mendatangi rumah anda.

Kamu juga bisa bertanya darimana platform DC lapangan yang mendatangi anda agar tak terjadi kesalahan tagihan pembayaran cicilan.

Hal penting yang harus anda tanya yakni penanggung jawab dari DC Lapangan yang mendatangi rumah, hal ini untuk mengetahui bilamana di kemudian hari melakukan tindakan yang berisiko terhadap nasabah.

BACA JUGA:5 Pinjol Cepat Cair Terbaru 2024 Tanpa BI Checking

2. Tanyakan Kartu Sertifikasi Profesi

Berikutnya kamu bisa bertanya kepada DC Pinjol untuk menunjukkan kartu sertifikasi profesi, karena identitas tersebut wajib dimiliki para penagih dari layanan pinjol.

Sertifikasi ini biasanya diperoleh dari APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia) yang bertujuan agar menunjukkan aktivitas dari profesi penagih utang ini.

3. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Bilamana anda menemukan DC lapangan yang melakukan penyitaan terhadap barang karena galbay, coba anda mintai sertifikat jaminan fidusia, saat penagih akan melakukan penyitaan.

Kendati demikian, saat DC lapangan tak bisa menunjukkan sertifikat jaminan fidusia, maka kamu bisa menolak penyitaan barang dengan cara yang halus pada DC lapangan.

BACA JUGA:6 Pinjol Tanpa DC Lapangan Aman, Terpercaya Paling Banyak Digunakan Tanpa Ancaman Teror

Meski demikian, anda harus berjanji untuk segera melakukan pembayaran pinjaman sesuai bunga yang ditetapkan bukan malah menghindar serta tak membayar pinjaman dan bunga yang semakin berkembang setiap harinya.

4. Pastikan Surat Kuasa Penagihan, Jika Ada Penyitaan Barang

Surat kuasa penagihan ini sangat penting yang wajib menjadi pegangan para DC lapangan saat menagih para debitur.

Melalui surat kuasa tersebut, penagihan yang dilakukan dapat dipastikan berjalan sesuai prosedur dan resmi. Debitur juga tidak boleh menghindar dari proses penagihan pinjaman.

BACA JUGA:3 Pinjol Tanpa KTP Terbaru 2024 yang Aman dari Teror dan Ancaman DC Lapangan

Sebelum anda mengakses layanan pinjaman online, pastikan untuk mengecek legalitas pinjol, berikut beberapa indikasi pinjol legal yang aman dan terpecaya, yakni:

1. Aplikasi pinjol sudah terdaftar di OJK

2. Tidak menawarkan pinjaman melalui SMS atau Chat

3. Bunga transparan sesuai aturan AFPI, maksimal 0,8% per hari atau 24% per bulan

4. Pinjol legal memiliki alamat kantor dan identitas yang jelas

5. Pinjol legal menyediakan pengaduan konsumen dengan CS yang cukup responsif

Itulah informasi mengenai tips menghadapi DC Pinjol Lapangan terbaru 2024, semoga membantu anda untuk lebih bijak dalam memilih layanan pinjaman online.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: