Cara Mengatasi Pinjol Ilegal! Simak agar Tidak Terjebak

Cara Mengatasi Pinjol Ilegal! Simak agar Tidak Terjebak

PINJOL - Cara mengatasi pinjol ilegal, aman dan terpercaya!--

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau pinjol sudah menjadi solusi banyak orang ditengah kesulitan ekonomi saat iniNamun ada bahaya jika tidak jeli saat memilih aplikasi pinjol, yakni pinjol legal. Tenang saja, ada cara mengatasi pinjol ilegal yang dapat dilakukan para calon nasabah jika ingin melakukan pinjaman online.

Mengatasi pinjol ilegal merupakan hal penting menurut Satgas PAKI (Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal). Sudah banyak platform yang diblokir karena melakukan aktivitas keuangan tidak resmi, yang akan merugikan banyak orang.

Mengatasi pinjol ilegal sebenarnya mudah, dengan memperhatikan persyaratan dalam mengajukan pinjol. Jika terlanjur mengajukan pinjaman pada aplikasi pinjol illegal jangan khawatir dapat melakukan beberapa hal agar terbebas.

BACA JUGA : 8 Daftar Aplikasi Pinjol Ilegal yang Ada DC Lapangan Terbaru 2024, Jangan Sampai Terjerat Pinjol Ini

Mengatasi pinjol ilegal agar Anda tidak terjebak:

1. Cek di Website OJK

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi pinjol illegal adalah melihat aplikasi pinjol yang hendak digunakan secara berkala. Pastikan bahwa aplikasi pinjol yang ingin Anda gunakan terdaftar di fintech peer to peer lending atau tidak.

Jika, sudah dicek pada website OJK dan bahwa aplikasi yang ingin digunakan tidak ada pada daftar aplikasi legal. Maka urungkan niat untuk mengajukan pinjaman online pada platform tersebut.

Karena jika platform tersebut tidak terdaftar dan tercantum di OJK, akan berbahaya bagi nasabah. Karena dalam proses penagihan maupun segala bentuk kegiatan yang terjadi pada aplikasi ini tidak akan terjamin keamanannya.

2. Jangan Gampang Tergiur

Berikutnya yang harus dilakukan adalah jangan gampang tergiur dengan penawaran yang  ditawarkan oleh aplikasi pinjol tersebut. Biasanya penawaran pinjol illegal dilakukan melalui pesan singkat maupun melalui iklan spam.

Promosi yang dilakukan tentunya pada media yang berbeda dibandingkan dengan pinjol legal yang diawasi OJK. Ketika menemukan iklan spam yang biasanya muncul secara beruntun dan biasanya menggunakan gambar bergerak.

Tentunya harus berhati-hati karena jika salah klik di salah satu iklan akan berakibat fatal bagi Anda. Karena pinjol ini akan mengirimkan akan mengirim link dengan nomor pribadi, jika sudah terlanjur dapat melaporkan pada pihak berwajib.

BACA JUGA:Cara Ampuh Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Paling Efektif dan Tips untuk Menghindarinya

3. Lihat Rekam Jejak Platform

Cara mengatasi pinjol illegal berikutnya adalah melihat rekam jejak platform pinjol yang ingin digunakan. Rekam jejak bisa diketahu melalui berbagai platform media sosial, terkadang ada yang membagikan pengalamannya.

Dengan berbagi pengalaman ini diharapkan tidak ada lagi yang terjerat dengan pinjol illegal yang menjerat nasabah. Yang akan membuat Anda akan menghindari penggunaan aplikasi pinjol illegal tersebut.

4. Lihat Transparansi Bunga

Bunga pinjaman online sudah ditetapkan sesuai SE OJK yang berlaku 2024 ini, dengan bunga 0,1% hingga 0,3% per harinya. Sedangkan untuk pinjaman jangka pendek kurang dari setahun  bunganya 3% per hari.

Jika bunganya dinilai terlalu besar maupun bunganya tidak masuk akal wajib diwaspadai. Karena bisa jadi pinjol tersebut illegal karena bunganya yang tidak sesuai dengan aturan yang diterbitkan OJK.

5. Cek Aplikasi Pinjol

Cara terakhir adalah cek aplikasi pinjol, pengecekan ini meliputi privasi akun dan kemudahan aplikasi tersebut untuk di unduh. Dengan beberapa hal ini saja sudah terlihat apakah aplikasi pinjol ini legal atau illegal.

Privasi akun di pinjol merupakan hal yang wajib diperhatikan, pinjol illegal hanya meminta 3 akses saja pada calon nasabah. Yakni ‘Camilan’, yang terdiri atas camera, microphone, dan location.

Kemudahan aplikasi tersebut diunduh merupakan tanda aplikasi pinjol tersebut legal, karena jika pinjol tersebut illegal akan sulit diunduh maupun digunakan. Yang berarti sulit terlacak oleh OJK.

BACA JUGA : 7 Tips Ampuh agar Pinjol Ilegal Tidak Bisa Akses Kontak Darurat, Dijamin Aman dan Tak Perlu Takut Diteror

Diatas merupakan cara Mengatasi Pinjol Ilegal yang dapat dilakukan sebelum melakukan pinjaman online pada suatu aplikasi. Dengan ketelitian dan kejelian akan membuat Anda terbebas dari jeratan pinjol illegal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: