PMI dan BPBD Kabupaten Tegal Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir

PMI dan BPBD Kabupaten Tegal Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir

BANTUAN - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah menyalurkan bantuan kepada keluarga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Margasari.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal menggelontorkan bantuan logistik untuk sejumlah keluarga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Margasari.

Bantuan diserahkan langsung oleh Pj Bupati Tegal Agustyarsyah didampingi Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud, Kepala Pelaksana BPBD Elliya Hidayah dan Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo.

Diketahui, banjir ini telah melanda tiga desa di wilayah Kecamatan Margasari. Ketiga desa itu yakni, Prupuk Utara, Kaligayam dan Pakulaut.

BACA JUGA:Dinas Parpora Siapkan SAR Guci Hadapi Lonjakan Wisatawan

Sedikitnya 1.645 jiwa terdampak banjir di wilayah tersebut. Adapun, penyebab banjir ini berasal dari luapan Sungai Kumisik saat wilayah Kecamatan Margasari dilanda hujan deras.

Menurut Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah, Sungai Kumisik memang kerap meluap setiap musim hujan. Karenanya, sungai yang merupakan kewenangan dari BBWS itu harus segera dinormalisasi.

"Termasuk di lekukan sungai harus dibronjong, supaya bantaran sungai tidak longsor," ujarnya.

BACA JUGA:Akademisi Kabupaten Pemalang Ajak Masyarakat Hormati Perbedaan

Sementara, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah meminta kepada masyarakat agar rajin melaksanakan kerja bakti. Drainase di sekitar rumah harus rutin dibersihkan supaya air dapat mengalir lancar.

"Saya minta BPBD agar koordinasi dengan BBWS supaya ada solusinya. Sehingga banjir dapat dihentikan," ucapnya.

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo mengatakan, jumlah terdampak banjir di Margasari sekitar 1.600 jiwa. Banjir disebabkan hujan deras sehingga Sungai Kumisik membludak.

"Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: